Tarian Tradisional Nusantara dan Penjelasannya

Posted on

Membicarakan tentang pengertian tari daerah yang ada di Indonesia tentu sudah bukan hal yang asing lagi dalam keseharian dan pembelajaran kita. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali tari-tari tradisional dengan sejarah, gaya tarian keunikannya masing-masing yang semakin menciri khas.

Namun bagi Anda yang belum cukup mengenal kekayaan budaya bangsa terutama dalam bidang tarian daerah Nusantara, nampaknya menyimak susunan artikel ini dengan seksama perlu Anda lakukan untuk lebih mengenal budaya bangsa kita.

Banyak sekali jenis tari di Indonesia yang mewarnai kekayaan budaya bangsa. Tarian-tarian ini bisa dikatakan sebagai ikon atau kebanggaan dari daerah asal tarian itu sendiri yang wajib untuk selalu dilestarikan.

Langsung saja, berikut kami hadirkan beberapa contoh nama-nama tarian di Indonesia untuk menambah wawasan Anda dan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air yang semakin dalam.

Tarian Tradisional Nusantara dan Penjelasannya

Contoh Tarian Tradisional di Indonesia

1. Tarian Adat Aceh
Aceh memiliki dua nama tarian adat yang sangat popular yaitu Tari Seudati dan Tari Saman. Meski Anda mungkin belum pernah ke Aceh secara langsung, tentunya sudah pernah melihat pertunjukan jenis tarian tradisional Aceh ini yang ditayangkan di berbagai stasiun televisi dalam rangka menampilkan budaya tarian daerah yang popular.

Tari Seudati sendiri merupakan sebuah tarian dinamis dengan suguhan suasana keagamaan. Tari Seudatai sebenarnya berasal dari Arab. Nama tarian dan daerah asalnya ini sangat disukai oleh orang Aceh.

Busana tari yang terdiri celana panjang dan kaos oblong panjang yang ketat berwarna putih serta dipadukan dengan kain songket yang dililit pada sebatas paha dan pinggang dan rencong yang disematkan pada pinggang penari.

Selain itu, Aceh juga mempunyai Tari Saman yang juga kerap ditampilkan pada acara pertunjukan tarian adat di Indonesia. Tarian daerah 34 provinsi yang berasal dari Aceh ini dipertunjukkan dalam keadaan penari yang duduk secara berbanjar dengan iringan irama yang dinamis.

Contoh tari Nusantara ini memiliki makna yang cukup menarik untuk Anda ketahui, yaitu sebagai suatu tarian dengan menyuguhkan syair yang penuh dengan irama kebajikan terutama ajaran Agama Islam.

2. Tarian Adat Bali
Macam tari tradisional yang berikutnya adalah Tari Kecak yang merupakan tarian adat Bali yang sangat popular. Tarian ini memang cukup fenomenal dan banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, sehingga kerap kali ketika seseorang diminta untuk download tarian daerah, nama tari tradisional yang satu ini secara otomatis menjadi pilihan utama yang rekomendasi.

Lalu apa sih yang menjadi daya tarik utama dari apa yang dimaksud tari tradisional Kecak ini ?. Mengapa menjadi sebuah tarian adat yang sangat terkenal dan disukai hingga saat ini.

Sebenarnya, Tari Kecak merupakan tarian yang dibuat berdasarkan cerita Kitab Ramayana dimana dalam kitab itu memuat kisah tentang bala tentara monyet Hanuman dari Sugriwa yang melakukan komunikasi dengan roh leluhur kemudian menyampaikan harapan-harapannya untuk masyarakat.

3. Tarian Adat Jambi
Nama-nama tarian dan asal daerahnya yang selanjutnya dan tidak kalah popularnya adalah tarian adat dari Jambi yaitu yang terkenal dengan Tari Sekapur Sirih.

Tarian adat ini merupakan tarian persembahan yang memiliki banyak persamaan dengan tarian Melayu. Tari ini juga merupakan tarian selamat datang kepada tamu-tamu besar yang mengujungi Jambi.

Menarik bukan mempelajari keanekaragaman tarian adat Indonesia ?. Dengan mengetahui beberapa contoh tarian adat di atas, nampaknya Anda sudah tidak bingung lagi ketika ingin download tari tradisional yang popular dan menarik untuk ditampilkan.

Budaya bangsa yang menjadi warisan leluhur memang harus dan wajib untuk selalu dijaga dan dilestarikan oleh para generasi penerus bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *