Tanda-Tanda Penyakit Usus Buntu

Posted on

Usus buntu merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Sebelum membahas penyakit usus buntu, Anda perlu ketahui terlebih dahulu apa itu usus buntu. Nah, usus buntu adalah suatu organ dalam manusia yang terletak di bagian perut sebelah kanan bawah.

Tanda-Tanda Penyakit Usus Buntu

Nama lain usus buntu sendiri adalah apendix atau apendisitis. Nah, penyakit usus buntu ini terjadi akibat pembengkakan atau radang yang kemudian menjadi nanah. Nanah tersebut merupakan kumpulan dari bakteri, kuman, serta sel-sel mati yang ada karena infeksi.

Radang usus buntu yang dibiarkan akan membuatnya semakin membengkak kemudian meledak. Ledakan atau pecahan tersebut akan menyebarkan bakteri ke seluruh rongga perut dan penyebarannya akan semakin luas. Hal ini lah yang bisa mengancam nyawa manusia.

Dengan begitu penyakit usus buntu tidak dapat dibiarkan begitu saja, Anda harus selalu menjaga kondisi fisik demi menjaga kesehatan diri sendiri. Nah, salah satu langkahnya adalah mengetahui apa saja tanda-tanda penyakit usus buntu yang nampak pada diri Anda.

Dengan mengetahui tanda atau gejala tersebut maka Anda dapat melakukan pengobatan bahkan pencegahan agar penyakit usus buntu tidak berlanjut serta berkembang menjadi penyakit lainnya.

Tanda-Tanda Penyakit Usus Buntu

Oleh karena itu yuk simak tanda-tanda penyakit usus buntu berikut ini :

1. Rasa sakit di perut bagian kanan

Tanda utama penyakit usus buntu adalah merasa sakit di bagian perut kanan dan rasa sakit itu terus berkelanjutan. Awalnya Anda akan merasa sakit di bagian pusar atau sekitarnya, kemudian berpindah ke bagian kanan bawah, tepat dimana usus buntu berada.

Rasa sakit ini tidak hanya sekali, justru semakin intens dan parah, terlebih lagi saat Anda bersin, batuk, berjalan, mengambil nafas dalam, atau gerakan lain yang menimbulkan penekanan pada bagian perut.

2. Nafsu makan menurun

Tanda ini kerap muncul ketika Anda mengalami sakit, baik itu sakit demam, flu, atau penyakit lain yang lebih serius, seperti penyakit usus buntu.

Nafsu makan bisa hilang karena penyakit usus buntu merupakan penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan.

Terlebih lagi saat penyakit tersebut mulai parah, terjadi pembengkakan kemudian meledak dan menyebar ke seluruh organ perut. Maka selera makan Anda pun perlahan akan hilang.

3. Tidak bisa buang gas

Orang kentut sembarangan adalah hal yang sangat tidak sopan, namun jika Anda tidak bisa kentut atau buang gas, justru hal ini harus ditelusuri penyebabnya. Anda harus khawatir saat tidak bisa mengeluarkan gas dalam kurun waktu yang lama. Hal ini bisa jadi tanda-tanda penyakit usus buntu.

Karena tidak bisa buang gas, perut Anda akan merasa kembung. Tidak ada udara yang dikeluarkan, justru akan mengumpul, menumpuk di dalam perut dan membuat perut Anda terasa kembung, keras, sesak.

4. Mual, muntah dan diare

Hal yang wajar ketika Anda sakit, namun kewajaran ini tidak bisa dibiarkan. Rasa mual yang terus menerus kemudian muntah bisa jadi merupakan tanda penyakit usus buntu.

Jadi jika hal ini terus terjadi dan tak kunjung membaik, segeralah konsultasikan dengan dokter.

Selain mual dan muntah, diare juga menjadi salah satu tanda penyakit usus buntu. Dengan gejala awal perut mulas, tidak bisa buang gas, kemudian akan terjadi diare yang tak kunjung membaik.

5. Demam

Demam menjadi gejala yang kerap dialami oleh seseorang ketika terkena penyakit. Demam yang berkepanjangan dan semakin meningkat tidak boleh Anda biarkan. Sebaiknya segera periksa ke dokter agar tahu sebab akibat terjadinya demam.

Nah, itulah 5 tanda penyakit usus buntu yang bisa Anda ketahui. Apabila beberapa tanda tersebut ada pada diri Anda, segeralah periksa ke dokter agar mendapat pengobatan atau pencegahan sebelum sakit berlanjut serius.

I am a Blogger and fast learner, internet enthusiast, and Animal Husbandry Students. Email: egisosilo@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *