Taman Nasional di Indonesia Beserta Hewan yang Dilindungi

Posted on

Tempat perlindungan hewan langka atau yang biasa dikenal dengan nama suaka marga satwa merupakan sebuiah tempat penangkaran, perkembangbiakan dan perlindungan hewan-hewan langka yang keberadaannya hampir punah. Keberadaan suaka marga satwa atau tempat melindungi hewan langka tentu sangatlah bermanfaat dalam menjaga kelestarian beragam fauna langka yang hampir punah.

Taman Nasional di Indonesia Beserta Hewan yang Dilindungi

Di Indonesia sendiri sudah didirikan beberapa tempat penangkaran hewan langka di beberapa sudut. Dari berbagai tempat ini, memiliki species yang berbeda tentang hewan langka yang dilindungi. Untuk mengetahui apa saja tempat-tempat penangkaran hewan langka yang ada di Indonesia.

Nama Taman Perlindungan Fauna Langka

Berikut kami hadirkan beberapa contoh nama taman perlindungan fauna langka beserta contoh fauna yang dilindunginya.

1. Pulau Rinca dan Pulau Komodo
Pulau Rinca dan Pulau Komodo merupakan salah satu nama suaka marga satwa atau tempat penangkaran hewan langka yang ada di Indonesia.

Binatang yang dilindungi di Pulau Komodo dan Pulau Rinca ini tidak lain hewan komodo raksasa yang keberadaannya sudah di ambang pintu kepunahan. Komodo sendiri merupakan satwa langka yang berasal dari Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal yang menjadikan tempat penangkaran hewan langka yang satu ini adalah adanya keunikan tempatnya yang memiliki konsep berbeda dengan beberapa taman perlindungan hewan langka lainnya yang ada di Indonesia.

Yaitu dikemas dengan menyuguhkan laut, pantai, sabana dan padang rumput stepa, serta adanya pegunungan dan bukit-bukit yang indah. Hal ini merupakan daya tarik yang cukup kuat untuk menggait minat calon wisatawan untuk mengunjungi taman perlindungan satwa langka yang ada di Pulau Komodo ini.

2. Taman Nasional Tanjung Puting
Tempat perlindungan satwa langka yang selanjutnya juga bisa Anda temui di Pulau Kalimantan. Taman ini dikenal dengan nama Taman Nasional Tanjung Puting. Hewan langka yang dilindungi di Taman Nasional Tanjung Puting adalah orang utang yang sangat kita sadari keberadaannya semakin hari semakin langka dan hampir punah.

Orang utan bukan hanya menjadi jenis fauna yang dilindungi di Indonesia saja tetapi juga merupakan satwa langka yang dilindungi sampai tingkatan internasional dimana pelestarian orang utan ini menjadi tanggungjawab bersama baik dari pemerintah Republik Indonesia maupun dunia internasional.

Selain orang utan, hewan-hewan yang dilindungi lainnya di taman perlindungan satwa langka di sini seperti macan tutul, rusa, ular, beruang madu, babi hutan, siamang, landak dan masih banyak lagi satwa lainnya yang bisa Anda lihat di sini.

3. Taman Nasioanal Way Kambas
Mendirikan tempat untuk melindungi hewan langka disebut sebagai solusi terbaik dalam upaya menjaga kelestarian satwa-satwa langka yang sudah hampir punah.

Selain berbagai tempat perlindungan satwa langka yang sudah disebutkan di atas, masih ada Taman Nasional Way Kambas yang merupakan taman nasional perlindungan hewan langka dimana gajah-gajah Sumatera ditangkar, dilatih serta dikembangbiakan secara alami.

Binatang yang dilindungi di sini bukan hanya gajah Sumatera saja, melainkan masih ada harimau Sumatera, rusa, dan juga badak Sumatera.

Selain dijadikan sebagai tempat penangkaran hewan yang dilindungi beserta gambarnya, taman ini juga dijadikan sebagai tempat wisata dimana pengunjung dapat menyaksikan aksi sepak bola gajah, membajak sawah, menarik kayu hutan dan sebagainya.

Berdasarkan beberapa contoh teman perlindungan satwa langka yang telah disebutkan di atas, sangat disadari bahwa tempat perlindungan hewan langka disebut sebagai solusi terbaik dalam melestarikan satwa-satwa langka yang sudah hampir punah dan perlu untuk dilestarikan dengan cara dikembangkan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *