Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Contoh (Lengkap) 1

Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Contoh (Lengkap)

Jika kamu saat ini duduk di kelas xii atau kelas 12, maka kamu akan belajar tentang teks cerita sejarah. Kali ini kita akan bahas tentang struktur teks cerita sejarah, setelah sebelumnya saya share struktur teks berita.

Namun sebelum itu, walau seharusnya sudah dijelaskan oleh guru kamu tentang pengertian teks cerita sejarah, tidak ada salahnya kita bahas dahulu, untuk mengingatkan kita semua.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Sejarah adalah sebuah kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan fakta dari bukti-bukti peninggalan yang ada.

Sedangkan teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan sebuah kejadian atau peristiwa di masa lampau yang melatarbelakangi terjadinya (asal usul) sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Ciri Ciri Teks Cerita Sejarah

Berikut ciri-ciri teks cerita sejarah yang mesti kamu tahu:

  1. Cerita disajikan berurutan (secara kronologis)
  2. Berisi Fakta
  3. Bentuk teks cerita ulang
  4. Menggunakan konjungsi temporal (kata sambung waktu)
Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Nah setelah kita mengetahui pengertian dan ciri teks cerita sejarah, saatnya kita mengetahui struktur teks cerita sejarah. Karena teks cerita sejarah juga ada strukturnya seperti karya tulis lainnya, baik itu makalah, atau lainnya. Yuk simak!.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Berikut 3 struktur teks cerita sejarah yang sudah saya janjikan tadi, mari kita jabarkan satu-satu.

Orientasi

Bagian ini adalah bagian pengenalan atau pembuka, dikenalkan apa yang akan diceritakan. Misalnya membuat teks cerita sejarah candi borobudur, maka dibuka dengan memperkenalkan apa itu candi borobudur.

Urutan Peristiwa

Bagian ini merupakan rekaman peristiwa, atau peristiwa apa saja yang terjadi yang biasanya ditulis dalam urutan kronologis atau berurutan.

Semua urutan peristiwa yang terjadi haruslah berdasarkan bukti-bukti peninggalan yang ada. Hal ini dimaksudkan agar sejarah yang ditulis benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Reorientasi

Bagian terakhir yang bersifat optional (boleh ada, boleh tidak), yaitu komentar pribadi penulis tentang peristiwa sejarah tersebut.

Struktur Teks Cerita Sejarah Yang Benar
struktur teks cerita sejarah

Kaidah Kebahasan Teks Cerita Sejarah

Untuk kamu yang ingin mencoba membuat teks sejarah, ada beberapa kaidah kebahasaan yang perlu diperhatikan, simak berikut ini!.

  • Pronomina (Kata Ganti), yaitu jenis kata untuk mengganti nomina atau frasa nomina. Contoh pronomina atau kata ganti seperti (saya, kapan, -nya, dan ini).
  • Frasa Adverbial, yaitu kata yang menunjukkan peristiwa, waktu, dan tempat. Contoh: minggu lalu, tahun ini, dll.
  • Verba Material, yaitu kata yang menunjukkan tindakan atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh partisipan. Contoh: memasak, menulis, memukul, menyeret, dll.
  • Konjungsi Temporal (Kata Sambung Waktu), yaitu kata yang berfungsi untuk menata urutan terjadinya peristiwa sebuah sejarah, yang biasanya menggunakan kata penghubung temporal.
Kaidah Kebahasan Teks Cerita Sejarah

Itulah setidaknya empat kaidah kebahasaan teks cerita sejarah yang harus kamu tahu.

Contoh Teks Cerita Sejarah

Untuk lebih memantapkan pengetahuan kamu, berikut saya share beberapa contoh teks cerita sejarah singkat yang bisa kamu baca.

Sejarah Singkat Internet

Orientasi

Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA pada tahun 1969 Untuk keperluan militer. Jaringan yang dikembangkan bernama Advanced Research Project Agency Network atau disingkat ARPANET.

ARPANET inilah yang kemudian menjadi cikal bakal internet saat ini.

Urutan Peristiwa

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun proyek ARPANET untuk keperluan militer, dan saat itu ARPANET hanya terhubung dengan 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah.

Secara umum ARPANET diperkenalkan pada tahun 1972 dan berkembang di berbagai daerah, hal ini membuat semua universitas di Amerika ingin mencoba dan bergabung.

ARPANET kesulitan untuk mengatur hal itu, sehingga dipecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk militer dan ARPANET untuk keperluan yang bukan militer. Gabungan antara MILNET dan ARPANET ini dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet saja.

Reorientasi

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan sebagian masyarakat, internet banyak digunakan untuk sekedar mencari informasi, pendidikan, bahkan untuk bisnis.

Sejarah Instagram

Orientasi

Aplikasi Instagram saat ini sangat dikenal dikalangan anak muda bahkan generasi tua. Aplikasi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, memfilter, menambahkan efek tertentu, dan mempunlikasikannya.

Instagram berasal dari dua kata, yaitu “insta” dan “gram”. Insta kata “instan” yang menunjukkan bahwa Instagram bisa menampilkan foto-foto secara instan. Sedangkan Gram, berasal dari kata “telegram”, menunjukkan bahwa Instagram bisa mengirim foto secara cepat, sama dengan fungsi telegram dapat mengirim informasi secara cepat.

Instan-Telegram asal katanya yang menunjukkan Instagram bisa mengirim foto secara cepat melalui jaringan internet dan informasi dengan cepat tersampaikan.

Urutan Peristiwa

Burbn, Inc. salah satu perusahaan startup teknologi didirikan pada tahun 2010 yang berfokus pada pengembangan aplikasi telepon genggam. Saat itu Burbn, Inc. ini banyak mengembangkan aplikasi dalam HTML5, namun Kevin Systrom dan Mike Krieger sebagai CEO dari Burbn, Inc. memutuskan hanya fokus ke satu hal saja.

Satu minggu lamanya mereka mencari ide bagus untuk menghasilkan profit, dan mereka berhasil membuat versi pertama Burbn. Namun tentunya versi pertama ini masih sangat banyak kekurangan dan kelemahan.

Mereka terus mengembangkan fitur-fitur Burbn, dan akhirnya fokus pada foto, komentar, dan juga fitur untuk menyukai foto. Aplikasi tersebutlah yang kemudian menjadi aplikasi jejaring sosial media Instagram, yang kemudian sangat populer populer.

Tepat pada 9 April 2012 Instagram diakuisisi oleh Facebook senilai 1 milliar dollar dalam bentuk tunai dan saham.

Reorientasi

Insagram saat ini sangat populer dan banyak sekali digunakan. Instagram saat ini tidak hanya digunakan untuk tujuan eksis saja, namun lebih dari itu, instagram juga digunakan untuk tujuan bisnis.

Berikut contoh struktur teks cerita sejarah Bandung lautan api, dan merupakan contoh terakhir yang dapat saya share pada kali ini.

Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api

Orientasi

Peristiwa bandung lautan api adalah peristiwa kebakaran besar di kota Bandung pada tangga 23 Maret 1946. Peristiwa ini sangat bersejarah bagi warga Bandung dan Indonesia.

Pada peristiwa bandung lautan api, 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, dan kemudian mereka meninggalkan kota menuju ke arah selatan kota Bandung.

Mereka melakukan ini demi mencegah tentara sekutu dan NICA Belanda menggunakan kota mereka sebagai basis kekuatan atau markas militer dalam perang.

Urutan Peristiwa

Pada tanggal 12 Oktober 1945 pasukan Inggris tiba di Kota Bandung, dan nenuntut agar semua senjata api yang berada di tangan penduduk untuk diserahkan kepada tentara Inggris, kecuali senjata yang ada pada TKR.

Pada malam tanggal 21 November 1945, TKR dan badan perjuangan melakukan serangan kepada Inggris di bagian utara kota Bandung, termasuk Hotel Homann dan Hotel Preanger yang Inggris gunakan sebagai Markas.

Tiga hari dari kejadian tersebut, MacDonald menyampaikan ultimatum kepada Gubernur Jawa Barat, agar Bandung Utara dikosongkan, baik itu penduduk biasa dan tentara.

Ultimatum tersebut mendorong Tentara Tepublik Indonesia (TRI) untuk melakukan operasi “bumihangus” karena tidak rela Bandung diduduki dan dijadikan markas militer oleh sekutu.

Pada tanggal 23 Maret 1946 dilakukan musyawarah Madjelis Persatoean Perdjoangan Priangan (MP3) diputuskan untuk evakuasi kota Bandung. Penduduk meninggalkan kota Bandung dan membakar rumah-rumah mereka.

Reorientasi

Peristiwa Bandung lautan api ini merupakan kerjasama yang baik antara penduduk dan tentara, dan dipandang sebagai strategi yang tepat karena tidak sebandingnya kekuatan TRI dan rakyat Indonesia dibanding dengan kekuatan tentara musuh.

Penutup

Nah itu kumpulan contoh teks cerita sejarah, ada tiga sih. Semoga kamu semakin memahaminya, sehingga ketika kamu menemui jenis teks ini, kamu bakal tau bahwa itu adalah teks cerita sejarah.

Baik itu tentang sejarah komputer, sejarah facebook, sejarah dunia, atau bahkan sejarah kemerdekaan Indonesia kita.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga membantu kamu. Jika anda pertanyaan atau pendapat yang bisa kita diskusikan, kamu bisa memberika komentar di form di bawah. Jangan lupa share artikel struktur teks cerita sejarah ini agar yang lain juga tau.

Leave a Reply