Struktur Teks Berita dan Contohnya

Struktur Teks Berita dan Contohnya

Halo sahabat, senang bisa menulis kembali di blog smkn2bs ini, kali ini saya coba bahas struktur teks berita beserta contoh dan unsur-unsurnya.

Pada era teknologi 4.0 ini, teks berita sangat mudah kita temukan. Pada era ini, teks berita tidak hanya bisa kita akses melalui koran saja, atau televisi dan radio, melainkan kita bisa dengan mudah menemukannya di berbagai media internet atau online.

Namun, sebelum saya share lebih jauh tentang struktur teks berita. Saya akan mengajak kamu dulu untuk sama-sama melihat apa itu teks berita. Yuk simak!.

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah teks narasi yang berisi kejadian atau peristiwa yang bersifat nyata dan disebarkan melalui berbagai media, baik itu media cetak, media elektronik, maupun media internet atau online.

“Semua teks berita adalah bersifat fakta, namun tentu tidak semua fakta dijadikan berita”

Ciri-Ciri Teks Berita

Teks berita berbeda dengan teks non-teks berita misalnya makalah, essay, dll, teks berita di tulis oleh wartawan dan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Faktual, Artinya kejadian yang diberitakan bersifat nyata, baik itu sedang terjadi atau telah terjadi dan dapat dipertanggung jawabkan. Artinya berita yang disajikan haruslah terpercaya, bukan berita bohong atau pelintir.
  • Aktual, Artinya kejadian nyata yang sedang hangat dan sedang banyak dibicarakan.
  • Objektif, Teks berita tidak boleh memihak, harus netral memberikan informasi yang tepat ke masyarakat.
  • Menarik, Teks berita dikemas dengan menarik, sehingga masyarakat tertarik untuk menyimak berita tersebut.
  • Lengkap, Memuat unsur berita 5W+1H.
  • Bahasa Standar, Menggunakan bahasa baku yang universal.

Unsur Teks Berita

Unsur unsur berita harus memenuhi kaidah 5W 1H, apa itu 5W+1H yang harus ada dalam teks berita? simak berikut ini:

  1. What: Peristiwa apa yang terjadi? berita yang baik harus menjawab pertanyaan apa yang sedang terjadi.
  2. Where: Dimana peristiwa itu terjadi? selanjutnya harus dapat menjawab pertanyaan dimana.
  3. When: Kapan Peristiwa itu terjadi? unsur selanjutnya harus mampu menjawab pertanyaan kapan.
  4. Who: Siapa saja yang terlibat? teks berita harus mampu menjawab siapa saja yang terlibat dalam peristiwa yang terjadi.
  5. Why: Mengapa peristiwa tersebut terjadi? W terakhir mampu menjawab mengapa peristiwa bisa terjadi.
  6. How: Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi? sedangkan H, harus mampu menjawab bagaimana proses terjadinya sebuah peristiwa tersebut.
Unsur Teks Berita

Struktur Teks Berita

Berikut struktur teks berita yang harus kamu ketahui:

Orientasi

Bagian ini merupakan pengenalan peristiwa apa yang akan dibahas dalam berita tersebut.

Peristiwa

Bagian ini merupakan inti berita, peristiwa disajikan dan disajikan sesuai fakta yang ada. Bagian ini mengacu pada tubuh berita, bagian ini populer ditulis dengan teknik penulisan berita piramida terbalik.

Sumber Berita

Struktur teks berita terakhir adalah sumber berita, biasanya dituliskan pada bagian awal atau bisa juga di bagian akhir sebuah teks berita.

Contoh: Bengkulu, BengkuluEkspress.com – 6 Dari 27 Korban Penipuan Arisan Online Bodong Telah Melapor Ke Mapolres Kota Bengkulu.

Struktur Teks Berita
struktur teks berita

Pola Penulisan Teks Berita (Piramida Terbalik)

Salah satu konsep yang sering dijadikan wartawan sebagai acuan dalam menulis teks berita adalah konsep piramida terbalik.

Dalam dunia jurnalistik, konsep ini sangat terkenal atau populer. Penulisan dengan dengan teknik ini dimaksudkan agar pembaca dapat langsung mengetahui inti dari sebuah berita pada bagian awal (kepada berita).

Dengan demikian, teknik ini menuntut para wartawan harus mampu memilih serta memilah fakta mana yang paling menarik dan penting. Karena pembuatannya diurutkan dari derajat informasinya paling penting atau prioritas.

Struktur piramida terbalik bisa kamu lihat seperti di bawah ini.

Piramida Terbalik
Piramida Terbalik

1. Lead / Kepala Berita

Bagian pertama atau bagian atas adalah kepada berita, bagian ini harus memuat unsur teks berita yaitu 5W + 1H. Bagian ini merupakan bagian “paling penting atau prioritas”.

2. Neck / Leher Berita

Bagian ini merupakan bagian penyambung alur berita dari kepala berita dengan bagian selanjutnya yang berisi gagasan yang perioritasnya lebih rendah dibandingkan dengan kepada berita. Bagian ini merupakan kategori bagian “sangat penting”.

3. Body / Badan Berita

Bagian ini berisi penjabaran gagasan berita yang tertuang dalam lead dan neck, yang biasanya berisi jawaban dari (why dan how). Bagian ini adalah kategori “Penting”.

4. Kaki / Ekor Berita

Bagian ini berisi data yang kategorinya “tidak terlalu penting”, yang mana jika tidak dimasukkan di dalam beritapun, tidak akan mempengaruhi substansi dari isi berita tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Kaidah kebahasaan teks berita seperti berikut:

Bahasa Standar (Baku)

Teks berita menggunakan bahasa standar atau bahasa baku. Penggunaan bahasa stadar yang universal akan memudahkan masyarkat dalam memahami isi berita.

Kalimat Langsung

Kamu pasti sering menemukan kalimat langsung di teks berita. Kalimat langsung adalah kalimat yang dikutip wartawan dari perkataan sumber, biasanya ditulis diantara tanda petik ganda serta dilengkapi dengan keterangan penyertaan.
Contoh: “Polisi sudah punya bukti cukup untuk menetapkan HM sebagai tersangka,” ucapkan Sarta.

Kata Kerja Mental

Merupakan kata kerja yang menunjukkan respon terhadap sebuah tindakan. Contoh: Merasa dibohongi dan ditipu, Arsi melapor ke Polisi.

Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal menjelaskan kronologi waktu. Cntohnya sejak, awalnya, setekah, kemudian, dan akhirnya.

Verba transitif, Verba pewarta, dan Adverbia

Contoh Teks Berita

Berita Tsunami Ternate dan Bitung, Maluku Utara (15/11/2019)

Jumat tanggal 15 November 2019 BMKG melalui twitter @infoBMKG mengumumkan telah terdeteksi tsunami di Ternate dan Bitung, Maluku Utara.

“Tsunami akibat Gmp Mag:7.1SR, telah terdeteksi di Ternate,” demikian twit @imfoBMKG (15/11/2019).

Tinggi air mencapai 0.06 meter terjadi pada kamis (14/11/2019) pukul 23.43 WIB, dan 0.1 meter pada jumat (15/11/2019) puku; 00.08 WIB.

BMKG meminta agar masyarakat di daerah tersebut untuk waspada terhadap gelombang tsunami.

Gempa berkekuatan 7.1 magnitudo terjadi Jailolo, Maluku Utara membuat masyarakat mengungsi ke dataran tinggi dan menjauhi daerah pesisir pantai. Menurut Satgas BPBD Kota Bitung, Efery ke Detik.com, masyarakat melakukan evakuasi mandiri untuk mengamankan diri.

Ada beberapa titik kumpul warga yang mengungsi menyelamatkan diri yang menyuaikan dengan rambu dan titik kumpul yang sudah dipasang oleh pihak BPBD.

Itulah tadi contoh teks berita tentang tsuname, ada banyak berita yang bisa kita simak diberbagai media massa, misalnya berita bencana alam banjir, kebakaran, kecelakaan, dll.

Bagi kamu seorang pelajar, kegunaan berita bagi pelajar cukup banyak. Kalian bisa mendapatkan update informasi terbaru, membantu membuat kamu berfikir kritis, dan lain sebagainya. Jadi, jangan males baca berita ya!

Gimana sahabat, sudah bisa kalau diminta untuk menulis teks berita setelah mengetahui struktur teks berita di atas?

Intinya harus banyak latihan menulis ya, baik itu menulis berita atau menulis jenis teks lainnya, kamu bisa buka postingan kami sebelumnya tentang teks eksemplum, untuk melihat contoh, struktur, dan cara membuatnya. Jika suka dengan struktur teks berita ini, jangan lupa share ke temen kamu.

Leave a Reply