Bagaimanakah Prospek Beternak Ayam Kampung Saat Ini? Beternak ayam kampung sebenarnya sudah dilakoni masyarakan Indonesia dari zaman dahulu hingga saat ini, apalagi di perkampungan, peternakan ayam kampung masih sangat banyak dilakukan, contohnya saja di sekitaran SMK Negeri 2 Bengkulu Selatan ini, Desa Selali, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan. Namun peternakan yang dilakukan masyarakat saat ini masih sangat tradisional, belum dilakukannya peternakan yang intensif, ayam masih diliarkan saja (tidak ada kandang khusus), ayam mencari makan sendiri, dan tidak dilakukan vaksin dan obat-obatan. Jikalau beternakan ayam kampung secara intensif dilakukan, potensinya sebenarnya masih sangat besar.
Prospek Beternak Ayam Kampung
Ayam kampung biasanya dimanfaatkan dagingnya serta telurnya untuk dikonsumsi, tidak hanya itu, bulu dan kotorannyapun bisa dimanfaatkan. Bulu ayam kampung bisa dimanfaatkan untuk kerajinan dan untuk kotoran bisa digunakan untuk bahan membuat pupuk. Ayam kampung termasuk jenis unggas yang mudah dipelihara, bahkan diliarkan disiang hari seperti yang banyak dilakukan masyarakat dilingkungan kami saja bisa. Ayam kampung ini memang mempunyai prospek yang cukup bagus, sehingga banyak yang mulai memelihara unggas ini.
Telur Ayam Kampung

Pandangan Masyarakat Terhadap Ayam Kampung

Masa depan bisnis ayam kampung ini tergolong cukup menjanjikan, karena pandangan masyarakat terhadap ayam ini menganggap ayam kampung lebih unggul dibandingkan dengan ayam ras.

Kebutuhan Protein dan Gizi Hewani

Seperti yang diketahui bahwa manusia membutuhkan asupan protein hewani, kita dapat memenuhi asupan tersebut dari telur dan daging ayam, hal yang belum banyak diketahui masyarakat dan merupakan fakta menarik adalah kandungan protein daging ayam itu hampir sama dengan daging sapi, dan juga lebih baik dibandingkan dengan telur ayam dan susu sapi. Selain itu, ayam merupakan hewan yang bgerdaging putih, sehingga kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan daging merah, dengan syarat ayam tidak diberikan pakan konsentrat yang bisa menyebabkan timbunan lemak ditubuhnya.

Selanjutnya kandungan pada telur ayam, telur ayam ini mengandung kalori, protein, zat besi, retinol (vitamin A), karbohidrat, lemak omega 3, vitamin C, thiamin, vitamin E, vitamin D, beta karoten, protein, lecithin. Selain itu mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup tinggi.
Daging Ayam Kampung

Kondisi Daging Ayam Kampung

Banyak yang berpendapat daging ayam kampung lebih enak dibandingkan dengan ayam broiler, walau ada sebagian yang lebih suka ayam broiler, namun tekstur daging ayam kampung ini lebih kompak dan kenyal, sehingga jika dimasak tidak cepat lembek. Hal inilah banyak yang memilih untuk mengkonsumsi daging ayam kampung.

Harga Ayam Kampung di Pasaran

Kondisi daging yang kami tulis di atas, erat kaitannya dengan harga ayam kampung di pasar. Harga ayam kampung jauh lebih mahal dibandingkan dengan ayam ras, menariknya jika dibangdingkan dengan harga daging sapi dan kambing, harga daging ayam kampung ini masih jauh lebih murah, sangat lebih terjangkau, sehingga hal ini membuat banyak yang memilih daging ayam kampung, dilihat dari sini, bisnis ayam kampung ini masih sangat bagus prospeknya.

Belum Banyak diternak Secara Intensif

Bukan saja disekitaran SMKN 2 Bengkulu Selatan saja yang belum banyak beternak ayam kampung secara intensif, namun di Indonesia ayam kampung ini masih sangat sedikit orang yang mengusahakan berternak secara intensif, kalaupun ada masih dalam skala kecil hingga sedang, belum dengan skala relatif besar.

Ayam Kampung Lebih Mampu Beradaptasi

Hal ini juga biasanya menjadi pertimbangan peternak untuk memutuskan beternak unggas apa, ayam kampung ini dia lebih mudah menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan, dengan kata lain tidak cepat stress, lebih tahan dengan perubahan lingkungan dan musim atau cuaca. Untuk yang ingin beternak ayam dengan skala rumahan, ayam kampung ini lebih cocok untuk dipelihara.

Itulah yang kami dapat share untuk anda tentang prospek beternak ayam kampung saat ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda, dilain kesempatan kami usahakan akan share mengenai klasifikasi ayam kampung, penyiapan kandang hingga teknik budidaya hingga panen. Nantikan terus di website smkn2bs.sch.id ini.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).