Manfaat Penelitian

7 Manfaat Penelitian (Bagi Peneliti, Masyarakat, Dll)

Penelitian adalah sebuah kegiatan dengan cara tertentu untuk mencari tahu, membuktikan, meluruskan sebuah fakta atau teori. Lalu apa manfaat penelitian?

Penelitian dilakukan bisa untuk menciptakan sesuatu yang baru, atau menyediliki dan merevisi sesuatu yang sudah, baik itu fakta atau sebuah teori tertentu.

Penelitian ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang mempunyai keilmuan tentang penelitian, biasanya dilakukan sesuai dengan bidang keilmuan seorang peneliti tesebut.

Sebuah penelitian yang bagus adalah penelitian yang memuat data yang akurat, dan hasilnya dapat digunakan untuk tujuan tertentu sesuai dengan bidang penelitian tesebut.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Dalam metode penulisan makalah atau karya tulis ilmiah lain seperti skripsi, poin ini pasti ada. Dalam bab 1 skripsi, poin dari penelitian ini terletak setelah rumusan masalah.

Tujuan Penelitian
Sumber: proposal tesis Ruhry Prilevi, MAK UII 2018.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian berisi rangkaian kalimat yang menyatakan apa saja yang ingin dicapai oleh sebuah penelitian. Tujuan penelitian selalu relevan dengan rumusan masalah.

Dalam kata lain tujuan penelitian ini merupakan keinginan dari peneliti apa yang ingin ia selesaikan, atau jawaban yang ingin ia peroleh.

Pembuatan rumusan masalah ini rumuskan dengan pernyataan, atau kalimat pasif. Pembuatan tujuan penelitian tidak boleh dengan kata tanya. Selain itu, tujuan harus terukur, spesifik, dan dapat divalidasi oleh hasil penelitian tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat contoh tujuan penelian berikut ini.

Contoh Tujuan Penelitian

1. Skripsi TI

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk merancang bangun aplikasi absensi dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS).

2. Tesis Akuntasi

Adapun tujuan penelitian ini adalah:

  • Mengetahui pengaruh Desentralisasi Fiskal terhadap Angka Partisipasi Sekolah dan Angka Melek Huruf
  • Mengetahui pengaruh PDRB per kapita terhadap Angka Partisipasi Sekolah dan Angka Melek Huruf
  • Mengetahui Pengaruh Rasio guru per murid terhadap Angka Partisipasi Sekolah dan Angka Melek Huruf
  • Mengetahui Pengaruh Rasio Ketersediaan Sekolah terhadap Angka Partisipasi Sekolah dan Angka Melek Huruf
  • Mengetahui Pengaruh Rasio Ketersediaan Sekolah terhadap Angka Partisipasi Sekolah dan Angka Melek Huruf

Sumber: Tesis Nelly Syafitri, MAK UII 2017.

Berdasarkan rumasan masalah dapat disusun tujuan sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui kinerja bank umum syariah di Indonesia ditinjau dari aspek profitabilitas dan aspek maqasid syariah.
  • Untuk mengetahui perbandingan kinerja bank umum syariah di Indonesia berdasarkan penilaian kinerja dari aspek profitabilitas dengan penilaian kinerja dari aspek maqasyid syariah.

Sumber: proposal tesis Ruhry Prilevi, MAK UII 2018.

Baca juga Sistematika Penulisan Karya Ilmiah dan Penjelasannya Lengkap

Manfaat Penelitian

manfaat penelitian adalah dampak yang ditimbulkan atas pencapaian tujuan. Sebuah penelitian yang baik, manfaatnya akan bisa diasakan oleh peneliti, masyarakat, universitas, perusahaan, akademisi, dan pembaca, atau salah satu dari itu.

Untuk membuat bagian ini di karya tulis ilmiah, seperti makalah, skripsi, tesis, dll, silahkan simak contohnya berikut ini.

Contoh Manfaat Penelitian

Silahkan simak contoh manfaat penulisan makalah untuk lebih jelas bagaimana menulisnya.

1. Skripsi TI

Penelitian ini diharapkan memberikan solusi bagi tenaga pemasaran yang memiliki mobilitas tinggi untuk dapat melakukan absensi dengan mudah dan cepat.

2. Tesis Akuntansi

Contoh 1

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi sekaligus dasar bagi pengambil kebijakan di daerah khususnya Provinsi DIY dan Jateng dalam menentukan kebijakan di masa datang terkait desentralisasi fiskal dan kaitannya dengan keluaran pendidikan.

Sumber: Tesis Nelly Syafitri, MAK UII 2017.

Contoh 2

  1. Bagi Kalangan Akademis
    Penelitian ini dapat dijadikan literatur untuk penelitian selanjutnya, selain itu penelitian ini juga dapat digunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang alternatif penilaian kinerja tidak hanya dari aspek profitabilitas akan tetapi penilaian kinerja menggunakan aspek maqashid syariah.
  2. Bagi Kalangan Praktisi
    Penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi bagi industri perbankan syariah di Indonesia untuk lebih meningkatkan kinerja tidak hanya berorientasi pada profit, akan tetapi industri perbankan syariah harus lebih memperhatikan implementasi maqashid syariah sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja perbankan syariah.

Sumber: proposal tesis Ruhry Prilevi, MAK UII 2018.

Dari sana Anda sudah dapat membedakan bukan apa perbedaan tujuan dan manfaat sebuah penelitian? saya sudah share 7 total manfaat dan tujuannya.

Manfaat Penelitian

Manfaat Teoritis dan Praktis

Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis dari sebuah penelitian adalah untuk melihat dan mengecek kebenaran sebuah teori yang sudah ada.

Manfaat Praktis

Sedangkan manfaat praktis penelitian adalah untuk memecahkan masalah praktis tentunya. Contoh, untuk memecahkan masalah karyawan yang tingkat turnovernya tinggi di suatu perusahaan.

Jenis-Jenis Penelitian

Penelitian dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis penelitian, saat ini dikenal dengan beberapa jenis penelitian jika dilihat dari sudut pandang masing-masing. Jenis penelitian ini dilihat dari pendekatan dan kedalaman analisis sebuah penelitian, yang masing-masing terdapat 2 jenis penelitian, seperti berikut ini:

Berdasarkan Pendekatan Analisisnya

  1. Penelitian Kuantitatif, sebuah penelitian dikatan penelitian kuantitatif jika metode yang digunakan lebih menekankan pada aspek pengukuran yang objektif, dan lebih menekankan pada angka yang di olah secara statistik.
  2. Penelitian Kualitatif, sedangkan penelitian kualitatif lebih menekankan pada pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Penelitian kualitatif ini dia bersifat induktif, mengutamakan makna, dan juga bersifat deskiptif analitik.

Berdasarkan Kedalaman Analisisnya

  1. Penelitian Deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan menganalisa dan menyajikan sebuah fakta secara sistematik. Kesimpulan yang diberikan akan lebih jelas dan faktual.
  2. Penelitian inferential, penelitian disebut inferential jika dilakukan analisis hubungan antar variabel dengan pengujian hipotesis.

Berdasarkan Tujuan

  1. Penelitian Eksploratif
  2. Penelitian Uji
  3. Penelitian Deskriftif

Langkah-Langkah Penelitian

Berikut beberapa langkah yang mesti Anda lakukan untuk melakukan penelitian:

  1. Buat Rencana, buatlah rencana yang matang untuk penelitian Anda, mulai dari judul, tujuan, rencana pengambilan dan olah data, dll.
  2. Selanjutnya pembuatan latar belakang, merumuskan masalah, tujuan, membuat hipotesis, dan menentukan metode pengumpulan dan analisa data.
  3. Sampling. langkah ke tiga melakukan pengambilan sampiling data.
  4. Susun daftar pertanyaan untuk menggali informasi ke narasumber.
  5. Turun ke lapanga, kegiatan ini untuk mendapatkan data secara langsung ke sumber data, baik itu warancara, observasi, dll.
  6. Editing dan Coding, lakukan pengecekan apakah pertanyaan yang disusun diawal sudah mendapatkan hasil jawaban yang sesuai.
  7. Analisa dan Laporan, langkah terakhir adalah membuat laporan dari semua hasil penelitian yang dilakukan, sajikan sesuai dengan kaidah ilmiah.

Kesimpulan

Itulah tadi, tujuan dan manfaat penelitian atau kegunaan penelitian yang digunakan dalam penyusunan makalah (lebih lengkapnya di contoh makalah), skripsi, tesis, atau KTI lainnya.

Silahkan share artikel ini ke sosial media kamu jika bermanfaat, dan berikan komentar jika ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan.

Leave a Reply