Macam-Macam Jenis Flora di Indonesia

Posted on

Penyebaran geografi flora khas Indonesia secara keseluruhan ditentukan ole faktor geologi yaitu adanya Paparan Sundadi bagian Barat dan Paparan Sahul di bagian timur yang berbeda sehingga dapat ditarik garis pemisah di antaranya. Bukan hanya hewan atau fauna, namun keadaan flora yang ada di Indonesia mempunyai banyak persamaan dalam tiap-tiap paparannya misalnya saja flora Kalimantan dan Sumatera yang memiliki persamaan mencapai 90 %.

Macam-Macam Jenis Flora di Indonesia

Selanjutnya, keadaan flora tiap paparan juga ditentukan oleh faktor lingkungan setempat yang menyebabkan macam-macam flora di Indonesia memilki tipe vegetasi yang berbeda dari masing-masing paparan atau tempat.

Dalam artikel ini disajikan beberapa flora yang dilindungi berdasarkan wilayahnya yang dibagi menjadi tiga bagian wilayah Indonesia yaitu sebagai berikut.

Flora Wilayah Indonesia Bagian Barat

Wilayah Indonesia bagian barat terdiri dari beberapa propinsi bagian di antaranya Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Wilayah ini mempunyai curah hujan yang tinggi sehingga memiliki hutan lebat dengan banyak pohon besar dan kecil yang beraneka ragam dengan dedaunan yang rindang serta suasana yang lembab karena ditumbuhi berbagai macam tumbuhan.

Berbicara tentang gambar flora di Indonesia yang ada di wilayah bagian barat termasuk flora khas Kalimantan, ada beberapa tumbuhan yang mendomisili wilayah ini seperti kayu kruing, kayu meranti, kayu kapur dan juga kayu garu.

Di Pulau Jawa, Pantai Sumatera dan pantai timur Sumatera terdapat hutan-hutan bakau dengan banyaknya dataran rendah dan pantai bercampur yang sering dijumpai di wilayah ini.

Pohon bakau dengan akar yang menjulang ke atas permukaan air ini berfungsi untuk menahan erosi dan kikisan ombak air laut. Pada waktu air surut akar bakau akan menjulang ke atas sedangkan pada waktu air laut pasang, akar-akar bakau ini akan terendam dalam air.

Flora Wilayah Indonesia Bagian Timur

Daftar flora di Indonesia yang selanjutnya adalah membahas tentang flora yang ada di bagian timur. Wilayah bagian Indonesia timur sendiri terdiri dari Maluku dan Papua.

Pada bagian wilayah ini terdapat hutan musim yang memiliki ciri khas dedaunan tanaman yang berguguran pada musim kemarau, pepohonan yang lebuh rendah daripada pohon hutan hujan tropis dan tatanan pepohonan yang lebih jarang.

Contoh flora yan hidup dan berkembang di wilayah bagian timur ini seperti pohon jati, pohon ficus dan matoa. Ketiga flora Indonesia bagian timur ini hidup pada daerah yang datar dengan pohon-pohon yang rendah dan tidak terlalu tinggi.

Flora Wilayah Indonesia Bagian Tengah

Wilayah Indonesia bagian tengah meliputi beberapa propinsi bagian yaitu Sulawesi dan Nusa Tenggara. Pada wilayah ini terdapat sebuah daerah dengan padang rumput yang diselingi oleh semak-semak yang dikenal dengan sebutan savana.

Pada Pulau Flores, Timor dan Sumbawa terdapat hutan dengan rumput-rumput pendek akibat wilayah ini memiliki curah hujan yang sedikit. Berbeda Indonesia bagian barat yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Namun wilayah Indonesia bagian tengah ini cukup baik untuk digeluti usaha peternakan. Contoh flora di Indonesia khususnya di Indonesia bagian tengah ini adalah pohon eucalyptus. Bagi Anda yang penasaran dengan flora Indonesia bagian tengah ini bisa menyaksikannya secara langsung dengan datang ke Indonesia bagian tengah ini.

Itulah beberapa contoh flora yang dilindungi di Indonesia berdasarkan wilayah bagiannya. Flora-flora ini dilindungi oleh pemerintah dan tidak boleh dirusak secara sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Terdapat sanksi nyata bagi yang berani merusak keanekaragaman flora Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *