Hewan Langka di Indonesia Dan Penjelasannya

Posted on

Indonesia dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah membuat aneka fauna unik hingga endemik hidup dan tinggal di dalamnya. Namun sayangnya, akibat ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertanggungjawab dan bertindak sesukanya sendiri seperti aksi pembakaran hutan ilegal dan sebagainya.

Dimana hal tersebut merusak habitat atau tempat hidup hewan dan membuat beberapa fauna langka di Indonesia keberadaannya semakin terancam dan hampir punah.

Masih didorong oleh faktor kelahiran hewan yang rendah membuat beberapa hewan langka yang ada di Indonesia ibarat berada di ujung tanduk yang bisa menjadi kenangan kapan saja. Sehingga perlu adanya upaya pelestarian hewan langka yang ada di Indonesia.

Dalam pembahasan kali ini, disajikan beberapa hewan langka dari 10 hewan langka di Indonesia yang keberadaannya hampir punah dan merupakan hewan yang dilindungi, serta benar-benar diperlukan upaya pelestarian dengan lebih serius untuk menggulangi potensi kepunahannya.

Hewan Langka di Indonesia Dan Penjelasannya serta Asalnya

1. Harimau Sumatera
Indonesia mempunyai dua jenis harimau, yaitu harimau Bali yang secara resmi telah dinyatakan mengalami kepunahan sejak 1937 silam dan harimau Sumatera yang masih ada saat ini.
Gambar Hewan Langka di Indonesia Dan Penjelasannya
Dalam pembahasan artikel hewan langka ini dimulai dengan hewan harimau Sumatera yang disadari atau tidak, keberadaan harimau Sumatera ini benar-benar sudah berada di ambang kepunahan.

Jumlah harimau Sumatera ini sangatlah minim diperkirakan hanya tinggal 500 ekor saja yang masih tersisa dan bertempat tinggal pada habitat aslinya yang tidak lain adalah Sumatera.

2. Badak
Hewan langka dan keterangannya yang selanjutnya adalah badak cula satu dari Sumatera dan juga badak cula dua dari Jawa. Satwa ini tergolong ke dalam salah satu daftar fauna langka yang hampir punah dan membutuhkan pelestarian.

Badak Hewan Langka di Indonesia Dan Penjelasannya

Berdasarkan data yang diperoleh, badak cula dua saat ini hanya tersisa sekitar 300 an ekor saja sedangkan badak cula satu jumlahnya jauh lebih memprihatinkan lagi yaitu hanya sekitar hitungan puluhan saja.

Sebagai upaya pemerintah untuk melindungi hewan langka dan asalnya ini, di daerah Ujung Kulon Banten sudah ada tempat penangkaran satwa langka yang tidak lain tujuannya adalah melindungi satwa-satwa langka yang hampir punah termasuk hewan badak sula satu ini.

3. Orang Hutan
Gambar binatang langka yang berikutnya adalah orang hutan Sumatera dan juga Orang Utan Kalimantan. Ketika dilihat dari sudut fisik, orang utan Sumatera memiliki postur tubuh yang lebih kecil daripada orang hutan Kalimantan.

Orangutan Hewan Langka di Indonesia Dan Penjelasannya

Namun ketika dilihat dari sudut jumlah populasinya, orang utan Sumatera memiliki jumlah yang lebih banyak daripada jumlah orang utan Kalimantan.

Tentunya melihat kenyataan yang sangat memprihatinkan ini hati kita tergugah untuk sedikit berupaya dalam melestarikan satwa-satwa langka yang ada di Indonesia yang keberadaannya sudah hampir sekali punah.

Setidaknya tidak melakukan aksi liar yang menyebabkan kerusakan pada habitat satwa-satwa langka ini.

4. Jalak Bali
Daftar hewan langka di Indonesia beserta asalnya selanjutnya adalah Jalak Bali yang hanya bisa ditemukan di Bali saja lebih tepatnya pada bagian barat Pulau Dewata ini. Jalak Bali sendiri merupakan salah satu species burung pengicau alias mempunyai bunyi kicauan yang merdu. Ukuran dari satwa langka ini sedang-sedang saja, yaitu hanya sekitar 25 centimeter saja.

Jalak Bali Hewan Langka di Indonesia Dan Penjelasannya

Itulah informasi tentang beberapa daftar hewan langka di Indonesia dan keterangannya yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang nama-nama hewan langka yang keberadaannya sudah sangat memprihatinkan. Diharapkan sisa-sisa satwa langka yang masih ada ini bisa tetap dilestarikan dan tidak mengalami kepunahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *