Gambar Pakaian Adat di Indonesia

Posted on

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan adat dan budaya. Banyak sekali hal menarik yang bisa ditemui di Indonesia. Sebut saja ketika Anda membicarakan tentang salah satu kekayaan budaya Indonesia yaitu pakaian adat.

Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi ini juga mempunyai pakaian adat Indonesia 34 provinsi atau sama banyaknya dengan jumlah propinsi tersebut.

Sehingga dapat dikatakan, mempelajari tentang kebudayaan bangsa adalah suatu kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan terutama dalam hal pakaian adat. Membaca artikel ini sampai tuntas merupakan salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengenal macam-macam pakaian adat di Indonesia dengan lebih mendalam supaya rasa patriotisme dan rasa cinta terhadap negeri semakin erat, Nusantara itu sangat kaya ya ..

Gambar Pakaian Adat di Indonesia

5 baju adat tradisional Indonesia

Berikut daftar 5 baju adat tradisional Indonesia yang wajib Anda ketahui.

1. Pakaian Adat Aceh

Nama pakaian adat daerah Aceh ini dikenal dengan Pakaian Ulee Balang. Untuk kaum laki-laki, pakaian adat yang dikenakan dikenal dengan nama baju Linto Baro sedangkan untuk kaum wanita, pakaian adat yang digunakan dikenal dengan sebutan baju Daro Buro.

Pakaian adat Aceh memiliki beberapa tingkatan yang berbeda, seperti contoh Baju Ulee Balang biasa dikenakan oleh khusus oleh keluarga raja dan para ulama sedangkan baju adat Patut-Patut diperuntukkan untuk pejabat kerajaan.

2. Pakaian Adat Sumatera Utara

Di antara baju adat 34 provinsi, salah satu nama pakaian adat tradisional yang wajib Anda kenal selanjutnya adalah pakaian adat yang berasal dari daerah Sumatera Utara ini. Sumatera sangat terkenal dengan Suku Bataknya dengan bahasa yang khas.

Gambar Pakaian Adat Sumatera Utara Kain Ulos

Daerah yang sangat kental dengan Suku Bataknya ini memiliki baju adat daerah yang dikenal dengan sebutan Kain Ulos.

3. Pakaian Adat Riau

Membicarakan tentang baju adat seluruh Indonesia memang tidak ada habisnya, sebab bagian provinsi mempunyai pakaian adatnya sendiri yang lain daripada yang lain. Seperti pakaian adat dari Provinsi Riau ini. Pakaian adat untuk Provinsi Riau dikenal dengan busana adat Melayu yang terkenal dengan logat mendayung-dayungnya itu.

Nama dan Gambar Pakaian Adat Melayu

4. Pakaian Adat Sumatera Barat

Jika Sumatera Utara memilki pakaian adat yang bernama Kain Ulos, maka Sumatera Barat juga tidak mau kalah dengan pakaian adatnya yang disebut baju adat Padang Bundo Kanduang. Jika dilihat dari segi aksesoris, macam baju daerah di Indonesia ini memiliki nilai filosofis yang berkaitan dengan peran seorang ibu dalam keluarga dan strata sosial.

Gambar Pakaian Adat Sumatera Barat Bundo Kanduang

5. Pakaian Adat Bangka Belitung

Macam-macam pakaian Indonesia yang selanjutnya adalah pakaian adat yang berasal dari Bangka Belitung yang dikenal dengan nama baju Seting atau Kain Cual. Sangat menarik sekali untuk mengenal pakaian adat tradisional Bangka Belitung. Bagaimana tidak? Pakaian adat yang satu ini benar-benar memiliki nilai keunikan yang sangat luar biasa.

Baju Seting atau Kain Cual

Pakaian adat provinsi di Indonesia yang satu ini sebenarnya merupakan hasil akulturasi dari perpaduan budaya masyarakat Arab, Melayu, dan China pada zaman dulu. Karena berasal dari campuran budaya luar itulah yang menyebabkan pakaian adat Bangka Belitung mempunyai ciri khas yang sangat unik dan berbeda dengan pakaian adat daerah lainnya.

Itulah 5 daftar pakaian adat tradisional dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia dengan keunikan dan nilai khasnya masing-masing. Mengenal pengertian pakaian adat, mengenal macam-macam nama pakaian adat dengan dan mencintai setiap keanekaragaman budaya bangsa, akan membuat hidup menjadi lebih indah dan bersyukur menjadi penduduk Negara Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *