Ukuran Roller Mio J Biar Kenceng

Posted on

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  smkn2bs 1 month, 2 weeks ago.

  • Author
    Posts
  • #490

    smkn2bs
    Keymaster

    Memiliki motor Mio tentu sangat memudahkan bagi Anda, sebab dalam mengendarainya Anda tidak perlu repot gonta-ganti gigi. Karena tidak ada giginya, maka akselerasinya hanya bertumpu pada bagian yang bernama roller.

    Ukuran Roller Mio J Biar Kenceng

    Selain karet V-belt dan rumah roller, roller merupakan bagian yang sangat penting bagi motor Mio. Entengnya tarikan tergantung pada kualitas roller yang dipakai.

    Ukuran roller standar Mio adalah 15 mm, namun Roller standar Mio keluaran pabrik memiliki berat yang tidak sama tergantung type Mio itu sendiri. Akan tetapi Anda juga bisa memodifikasi roller motor Mio Anda sesuai selera yang Anda inginkan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan harapan Anda.

    Misalnya jika Anda ingin ganti roller Mio biar lebih enteng, Anda bisa menggunakan roller dengan diameter 15 mm dan ukuran lebih ringan dari standar bawaan pabrik.

    Apabila pada saat Anda tarik gas namun laju motor seperti tersendat, atau jika dari bagian mesin sudah terdengar bunyi yang mengganggu kemungkinan besar itu artinya roller motor Mio Anda sudah tidak bulat sempurna dan sudah saatnya diganti.

    Harga roller Mio ori tidak begitu mahal, hanya berkisar antara Rp 60.000-Rp 90.000 per box yang berisi 1 set (6 buah) roller.

    Berbicara mengenai roller, terdapat beberapa catatan yang harus Anda ketahui saat mengganti roller Mio. Setiap tipe Mio memiliki kapasitas roller yang berbeda beratnya.

    Seperti pada Mio J, berbeda dengan roller Mio fino yang memiliki berat 10 gram, berat roller Mio J standar hanya 9,5. Namun Anda juga bisa memodifikasi agar menjadi lebih kenceng tarikannya.

    Cara menambah kecepatan motor Mio J bisa dengan mengganti beberapa bagian motor dengan onderdil racing, salah satunya dengan mengganti roller dari roller standar menjadi roller yang beratnya 10 gram atau roller racing Mio yang bobotnya 11-12 gram.

    Meskipun harga roller racing Mio lebih mahal dari roller standar, tetapi dengan cara tersebut maka Anda akan mendapatkan top speed yang memuaskan.

    Untuk memilih roller racing pada motor Mio sebaiknya Anda memakai roller yang sudah terkenal mereknya, seperti TDR, kitaco, kawahara, dan lain sebagainya. Atau Anda bisa menanyakan pada bengkel tempat Anda servis.

    Selain Mio J ada juga Mio sporty yang merupakan motor Mio keluaran sebelum Mio J. Sebenarnya Mio sporty adalah skutik generasi pertama di Indonesia yang memiliki keistimewaan pada tarikan yang lebih bagus dari motor metik jenis lain pada masa itu.

    Mio sporty ada dua macam, Mio sporty keluaran 2009 kebawah dan Mio sporty buatan 2010 ke atas.

    Harga dan ukuran roller Mio sporty juga berbeda. Untuk Mio sporty 2004-2009 ukuran rollernya seberat 11 gram, sedangkan pada Mio sporty tahun 2010 ke atas rollernya 10,5 gram sehingga tarikannya lebih kenceng dibanding keluaran tahun sebelumnya.

    Harga roller Mio sporty keluaran 2009 ke bawah tidak lebih mahal dari roller Mio sporty tahun 2010 ke atas, yakni berkisar Rp 60.000 an, sedang roller Mio sporty keluaran 2010 ke atas bisa mencapai Rp 90.000.

    Ada pula Mio soul, Mio tipe ini memiliki body yang cukup besar tidak seperti Mio J dan Mio sporty yang lebih ramping. Ukuran roller Mio soul standar adalah 10,5 gram dengan diameter yang sama seperti Mio tipe lain. Harga roller Mio soul juga tidak berbeda jauh dari harga roller Mio pada umumnya.

    Itulah serba-serbi roller pada Mio, pada dasarnya jika Anda ingin menambah top speed gunakan roller yang lebih berat dari standarnya. Namun jika Anda ingin mengganti ukuran roller Mio agar tarikan enteng gunakan roller yang lebih ringan dari standar pabriknya.

    Attachments:
    You must be logged in to view attached files.

You must be logged in to reply to this topic.