Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu

Posted on

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by Egi Susilo Egi Susilo 1 month ago.

  • Author
    Posts
  • #526
    Egi Susilo
    Egi Susilo
    Moderator

    Mempercantik ruang tamu memerlukan kreativitas tinggi untuk mendapatkan hasil yang indah, sekaligus nyaman untuk ditempati dalam waktu yang lama. Keindahan dan kenyamanan itu memberi pengaruh bagi suasana hati tamu yang berkunjung, juga Anda sendiri sebagai pemilik rumah.
    Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu
    Selain perabotan dan ornamen hiasan, dekorasi cat ruang tamu merupakan elemen penting untuk memberi kesan terang, lapang, cantik, nyaman, dan harmonis. Kini, kombinasi warna ruang tamu menjadi tren seiring semakin berkembangnya konsep rumah minimalis dan elegan.

    Kombinasi Dua Warna

    Kreasi cat dinding ruang tamu dengan memadukan dua warna dapat menghasilkan tampilan yang unik dan menarik. Tetapi, perpaduan warna cat ruang tamu yang tidak dirancang dengan baik, justru akan menjadi sebaliknya, terlihat aneh dan mengganggu pandangan.

    Dalam merancang kombinasi dua warna, jadikan satu warna sebagai warna dominan, dan warna lain sebagai pelengkap.

    Berikut ini beberapa inspirasi warna cat ruang tamu yang dapat dipertimbangkan untuk dinding ruang tamu rumah Anda.

    Kombinasi untuk Ruang Tamu Gelap

    Ruang tamu, bukan hanya berfungsi sebagai tempat untuk menerima kunjungan tamu saja. Melainkan dapat menjadi tempat berkumpul bagi seisi rumah. Ruang tamu harus memiliki kesan yang hangat dan ceria untuk mempererat kasih sayang keluarga.

    Ruang tamu yang tidak mendapat cahaya alami yang cukup, akan terlihat gelap. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memilih kombinasi warna ruang tamu yang dapat memberi kesan terang.

    Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu

    Di bawah ini contoh cat kombinasi ruang tamu yang dapat menghasilkan kesan terang dan lapang di ruang tamu Anda;

    1. Kombinasi warna buah apel dan jeruk
    Warna pink pada dasarnya memiliki karakter lembut dan manis. Sedangkan warna oranye cenderung ceria. Variasi dari keduanya jika digabungkan, dapat menjadi perpaduan yang sangat menarik.

    Warna pink muda yang merona pada buah apel dan oranye cerah pada buah jeruk, dapat memberi kesegaran bagi ruangan, seperti buah apel dan jeruk di dalam keranjang buah.

    Dengan komposisi yang tepat, kombinasi keduanya juga menghasilkan kehangatan. Anda juga dapat menambahkan aksen putih sebagai hiasan.

    2. Kombinasi pink dan ungu
    Warna ungu adalah warna yang memiliki kesan mewah dan elegan. Sedangkan pink didominasi oleh karakter lembut dan romantis.

    Perpaduan warna ruang tamu pink dan ungu memberi kesan ceria dan bersemangat, sekaligus ramah. Jika Anda ingin menggunakan pink sebagai warna dominan, gunakan perabot dan hiasan berwarna pink dan ungu untuk memberi efek terang pada ruangan.

    3. Kombinasi putih dan emas
    Warna putih merupakan warna yang netral, juga mencerminkan kebersihan. Di samping itu, warna putih dapat membantu menenangkan pikiran. Sementara warna emas mencerminkan kemewahan dan modern.

    Kombinasi warna ruang tamu putih dan emas menjadikan nuansa elegan pada ruangan. Untuk menambahkan kesan terang, Anda dapat meletakkan furnitur berwarna emas dan ornamen dengan aksen warna tersebut di ruang tamu.

    Variasi cat ruang tamu selanjutnya yaitu kombinasi dua nada warna pada dinding, atau two-tone. Perpaduan warna cat ruang tamu dengan cara ini, memberikan kesan modern, elegan dan seimbang di dalam ruangan.

    Kreasi Cat Dinding Ruang Tamu

    Lihat contoh kreasi cat dinding ruang tamu berikut ini.
    1. Kombinasi warna yang mendekati serupa
    Kreasi cat dinding ruang tamu dengan warna yang berdekatan di dalam roda warna, misalnya hijau kecoklatan dengan krem menimbulkan kesan lembut, tanpa garis pemisah yang sangat kontras.

    Untuk menghindari kesan berat, posisikan warna yang lebih gelap di bagian bawah. Anda dapat menggunakan perabotan berwarna pastel atau lembut.

    2. Kombinasi warna kontras
    Warna kontras, dihasilkan dari kombinasi dua warna yang jauh berbeda. Contoh seperti dalam gambar, kombinasi warna biru cair dengan warna cokelat memadukan karakter berbeda keduanya, kelembutan dan kekuatan.

    Anda dapat memadukan dengan sofa dan karpet yang berwarna pastel, untuk memberikan kontras dengan warna cokelat di bagian bawah dinding. Perpaduan warna cat ruang tamu yang kontras, memberi efek yang segar dan berani.

    3. Kombinasi warna saling melengkapi
    Warna kuning dan oranye mampu membantu meningkatkan konsentrasi dan kreativitas. Perpaduan keduanya dapat menghasilkan kesan cerah dan ceria.

    Selain itu, kombinasi yang saling melengkapi adalah violet dengan abu-abu. Gabungan keduanya bisa menjadikan warna ruang tamu tampak serasi.

    Demikian inspirasi cat ruang tamu yang dapat menjadi referensi untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

    Attachments:
    You must be logged in to view attached files.

You must be logged in to reply to this topic.