Home Forums Kewirausahaan Internet Marketing WordPress Cara Setting Plugin WP Super Cache Yang Benar

This topic contains 1 reply, has 1 voice, and was last updated by  SMKN 2 Bengkulu Selatan 1 week ago.

  • Author
    Posts
  • #467

    Salah satu cara mempercepat loading website kita bisa menggunakan Plugin WP Super Cache. Kecepatan website adalah salah satu faktor dalam google menentukan web atau blog mana yang akan nangkring di halaman satu google atau sering disebut pejawan. Apa benar kecepatan website berpengaruh pada hasil SERP Google? beberapa tahun belakangan, Google selalu mengupdate algoritma mereka demi memberikan hasil yang relevan di hasil pencarian.

    Hal ini sekaligus akan menjawab pertanyaan kenapa blog harus fast loading? Pada update terakhir ini, Google sangat memperhatikan user experience atau pengalaman pengguna, website yang ringan akan sangat disukai oleh bot google dan manusia. Kita sebagai user pasti akan lebih suka mengunjungi website/blog yang ringan, ketimbang blog yang berat dan lama loadingnya, apalagi pake internet sudah sekarat hahaha 😀

    Sudah jelas ya bahwa kecepatan loading sebuah website itu berpengaruh pada terhadap hasil pencarian, ini berarti kecepatan loading website berpengaruh terhadap SEO. Nah kabar baiknya untuk kamu pengguna WordPress, kamu bisa mempercepat loading website kamu dengan menggunakan plugin WP Super Cache. WP Super Cache mampu membuat halaman HTML statis dari blog WordPress dinamis kita, kemudian halaman statis tadi ditampilkan kepada pengunjung, sehingga halaman tersebut akan lebih cepat dimuat.

    Alasan memilih plugin WP Super Cache ini untuk cachine website adalah plugin ini gratis, secara performa yang dihasilkan plugin ini cukup bagus, sehingga menjadi pilihan tepat untuk yang suka gratisan. Baiklah dibawah adalah cara setting plugin WP Super Cache.

    Cara Setting Plugin WP Super Cache

    Tambahkan Plugin WP Super Cache

    Add New Plugin
    Untuk menambahkan plugin baru pada website, kita cukup klik plugin, lalu klik add new.

    Cari Plugin WP Super Cache

    Cari Plugin WP Super Cache

    Setelah mengklik add new, silahkan ketikkan WP Super Cache pada form pencarian yang terdapat di sebelah kanan.

    Install Plugin

    Install Plugin WP Super Cache

    Setelah mengetikkan pencari pada kolom pencarian tersebut, maka akan muncul Plugin WP Super Cache hasil pencarian, silahkan klik Install.

    Aktifkan Plugin

    Aktifkan Plugin WP Super Cache

    Setalah klik install, maka akan muncul tombol aktifkan, silahkan klik aktifkan.

    Setting Plugin WP Super Cache

    Setting WP Super Cache

    Untuk setting plugin, silahkan SETTING -> WP Super Cache

    Easy WP Super Cache

    Easy WP Super Cache

    Pada tab Easy ini, anda akan melihat statusnya off, nah untuk mengaktifkan plugin ini caranya cukup mudah, anda tinggal memidahkan pilihannya menjadi On, silahkan plih Caching On, dan klik Update Status. Hingga pada saat ini Plugin WP Super Cache ini sudah aktif, dan proses caching pada website anda sudah berjalan, namun untuk mengatur lebih lanjut, kita bisa pindah ke tab Advanced, caranya dibawah ini.

    Setting Advanced

    Advance WP Super Cache

    Untuk setting pada bagian Advanced ini, silahkan centang yang diperlukan saja, untuk bagian yang penting itu sudah sayang centang seperti gambar diatas dan dibawah ini nanti, jadi anda tinggal ikuti saja sesuai gambar.

    Setting Plugin WP Super Cache

    Kemudian ikuti juga gambar dibawah ini.

    Update Status WP Super Cache

    kalau sudah dicentang semua dan disamakan dengan gambar diatas, langkah terakhir adalah klik Update Status. Sampai pada langkah ini kerjaan kita sudah selesai, untuk yang lainnya tidak perlu kalau hanya untuk membuat website kita lebih cepat, karena plugin ini dibuat sudah sangat bagus dan sudah dioptimalkan oleh pembuatnya. Cukup mudah cara setting plugin WP Super Cache, tidak banyak yang harus dilakukan, namun dampaknya cukup besar bagi kecepatan loading website kita, sehingga website kita disukai pengunjung dan disukai oleh mesin pencari.

    Catatabn : Jika sewaktu-waktu anda mau uninstall plugin WP Super Cache ini, hal yang harus anda lakukan adalah mengubah permission pada folder WP-Content menjadi Writeable, karena kalau cuma uninstall melalui dashboard wardpress saja, hal ini tidaklah membersihkan semuanya, selain itu anda juga bisa hapus pada folder cache dan file “advanced-cache.php” dan “cache-config.php“, sehingga bersih semuanya.

    Itulah tadi Cara Setting Plugin WP Super Cache Yang Benar yang dapat saya share pada forum kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda, jika masih ada yang bisa ditambahkan atau mau koreksi serta bertanya silahkan reply dibawah, saya usahakan akan membalas.

  • #468

    Pada tutorial kali ini saya tidak bahas mengenai CDN dan lainnya, anda juga bisa menggunakan CDN dari penyedia lainnya. Pada kesempatan lainnya insyaAllah saya akan bahas mempercepat loading gambar. Sehingga kecepatan load blog kita benar-benar maksimal.

You must be logged in to reply to this topic.