Flora atau Tumbuhan Yang Terancam Punah

Siapapun sudah mengetahui akan bangsa Indonesia yang memang sangat kaya dengan kekayaan budaya dan kekayaan alam yang melimpah. Keanekaragaman tumbuhan yang tersebar dari ujung Sabang sampai dengan Merauke dan juga semua varietasnya yang berbeda-beda.

Namun ketika membicarakan kekayaan alam Indonesia ada satu hal haru yang cukup memprihatinkan yaitu dengan maraknya tumbuhan yang terancam punah di Indonesia dimana hal tersebut tentu membutuhkan upaya khusus dalam menjaga dan melestarikannya agar tetap tejaga keanekaragamannya.

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan informasi yang dapat menambah wawasan Anda tentang beberapa contoh tumbuhan yang hampir punah dan penjelasannya secara lebih lengkap dan detail.

Langsung saja, berikut beberapa daftar nama tumbuhan yang nasibnya sangat tragis sekali dan berada pada ambang pintu kepunahan.

Tumbuhan Yang Terancam Punah

1. Bunga Bangkai
Bunga Bangkai atau yang juga sering dikenal dengan nama Bungan Rafflesia Arnoldi ini merupakan salah satu nama flora yang masuk dalam daftar flora di Indonesia yang hampir punah dan membutuhkan upaya pelestarian lebih ekstra.

Bunga ini terkenal dengan bentuknya yang sangat besar disebut sebagai bungai raksasa karena memang memiliki ukuran yang sangat besar terutama pada Bungan menguncup, tinggi kuncupan Bungan Bangkai bisa mencapai 4 meter.

Ciri-ciri mendasar dan keunikan dari flora yang hampir punah ini adalah adanya bau khas seperti aroma bangkai yang membusuk dan sangat menyengat yang dikeluarkan oleh bunga ini ketika bunga sedang mekar.

Bau busuk yang dikeluarkan bunga ini adalah untuk menarik perhatian lalat dan kumbang-kumbang agar hinggap pada bagian pusat bau tersebut. Hal ini berfungsi untuk membantu proses reproduksi dengan terjadinya proses penyerbukan pada bunga.

Contoh tumbuhan yang hampir punah ini memiliki ciri khas tampilan yang unik dan menarik yaitu warna kelopak bunga yang ada diluar akan berubah menjadi warna putih krem ketika bunga sedang mekar.

Sedangkan pada bagian mahkota kembangnya yang memiliki warna merah merekah yang dihiasi semburat-semburat semu keunguan yang indah. Lama pemekaran Bunga terjadi secara bertahap sekitar 7 hari dengan berturut-turut. Hingga nanti pada saatnya bunga ini akan mati secara otomatis setelah itu tumbuhan yang hampir punah di Indonesia akan mengalami masa berulang lagi.

2. Bunga Kantong Semar
Tumbuhan yang hampir punah dan keterangannya selanjutnya yang akan dibahas dalam artikel ini adalah bunga kantong semar yang terkenal sebagai bunga pemangsa serangga. Tanaman ini termasuk jenis tanaman karnivora yang memakan serangga seperti lalat, lebah dan serangga kecil lainnya.

Namun tidak semua tanaman kantong semar mampu memangsa serangga yang berada di dekatnya terutama ketika bunga ini masih memiliki usia yang masih muda dan belum cukup mampu untuk memangsa serangga yang ada di dekatnya.

Hanya tanaman kantong semar yang sudah dewasa saja yang sudah mampu memakan serangga yang berada di sekitarnya. Cara tanaman ini dalam memangsa serangga kecil yaitu dengan cara membuka lebar kantungnya untuk kemudian agar serangga-serangga dapat masuk ke dalam kantung yang sudah terbuka lebar tersebut.

Setelah serangga-serangga berhasil masuk ke kantung yang sudah terbuka lebar, serangga kecil tersebut akan terjebak dan bungan kantong semar akan kembali menutup kantungnya lalu tanaman ini akan melangsungkan proses pencernaan dari serangga yang masuk ke dalam kantungnya.

Cukup unik dan menarik kan beberapa flora langka yang sudah hampir punah ini?. Sebagai warga negara yang baik sudah semestinya kita untuk ikut mendukung dan berperan andil dalam melestarikan keanekaragaman hayati yang hampir punah ini. Jangan sampai beberapa contoh flora langka ini menjadi tumbuhan yang sudah punah di Indonesia dan menjadi kenangan yang tidak bisa kembali lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *