Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Halo sahabat, sudah tau kan apa itu teks eksemplum? jika kalian seorang pelajar, mungkin guru kalian sudah menceritakan pengertiannya. Pada kali ini kita akan share contoh teks eksemplum agar kalian lebih mudah lagi dalam membuatnya.

Sebelum contoh-contoh saya share, baiknya kita bahas dulu pengertiannya untuk yang belum tahu.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum merupakan teks cerita yang berisi tentang perilaku sebuah tokoh di dalam cerita.

Cerita diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian setelah itu berisi tentang peristiwa apa saja yang dialami oleh tokoh dalam cerita, kemudian diakhir cerita berisi interpretasi tokoh tersebut. Nah, gimana sahabat, sudah jelaskan?

Teks cerita ini bisa kita kategorikan menjadi karya tulis atau karya sastra yaitu cerita pendek. Sebelumnya kita juga sudah share salah satu jenis karya tulis yaitu resensi buku. Silahkan kamu bisa lihat cara membuat dan contoh resensi buku di postingan sebelumnya.

Pada karya sastra yang satu ini, tujuan penulisannya spesifik, yaitu memberikan cerita dengan pesan tertentu, sehingga pembaca dapat memetik pesan moral dari cerita tokoh dalam cerita.

Struktur Teks Eksemplum

  1. Orientasi, bagian ini merupakan bagian awal teks eksemplum, isinya adalah tentang pengenalan tokoh.
  2. Insiden, bagian yang berisi peristiwa, kejadian, atau permasalahan yang dialami sang tokoh.
  3. Interpretasi, bagian ini berisi pesan moral dan evaluasi, selain itu juga berisi akibat yang ditimbulkan tindakan atau masalah yang dilakukan sang tokoh.
struktur teks eksemplum yang benar

Baca juga : 11 Contoh Makalah Yang Baik dan Benar

Ciri Ciri Teks Eksemplum

Untuk memahami teks eksemplum secara benar, kamu juga harus tau ciri-ciri teks eksemplum itu. Teks karangan jenis ini mempunyai ciri-ciri berisi kejadian yang dihindari atau tidak diinginkan, kemudian urutan ceritanya jelas, struktur cerita lengkap, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa naratif.

ciri-ciri teks eksemplum

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Untuk unsur kebahasaan teks eksemplum ini adalah sebagai berikut:

  • Kalimat yang digunakan adalah kalimat majemuk dan bertingkat.
  • Terdapat kata hubung atau konjungsi.
  • Mengunakan keterangan tempat, waktu, tujuan, dan juga cara.
unsur kebahasaan teks eksemplum

Setelah mengetahui kaidah kebahasaan dan teks eksemplum di atas, seharusnya kamu sudah mendapat gambaran bagaimana membuat teks eksemplum tersebut. Namun, untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh teks eksemplum berikut ini.

Contoh Teks Eksemplum Singkat

Contoh Teks Eksemplum Cerita Rakyat

“Putri Tangguk”

Orientasi

Pada zaman dahulu, di sebuah desa bernama Desa Bunga Tanjung, hiduplah seorang perempuan separuh baya yang mempunyai huma bernama Putri Tangguk. Huma yang dimiliki hanya seluas penangkap ikan, namun hasilnya melimpah ruah.

Insiden

Pagi-pagi Putri Tangguk bersama suami sudah pergi ke sawah untuk menuai padi mereka. Diperjalanan, Putri Tangguk mendapati jalan yang sangat lici, sehingga membuat mereka sering tergelincir. “Jalan licin!” kata Putri Tangguk setengah berteriak. “Hasil padi hari ini, kita tumpahkan saja sebagai penggati pasir. Besok kita dapat menuai padi lagi”. Ucap Putri Tangguk dengan nada tidak seperti biasanya, setelah mendapati ada anaknya terjatuh. Akhirnya. mereka menaburkan padi hasil tuaian mereka di jalan yang mereka lalui.

Di suatu malam, Putri Tangguk terbangun karena anaknya menangis kelaparan kelaparan. Putri Tangguk langsung bergegas ke dapur untuk mengambil nasi, Putri Tangguk sangat terkejut setelah mengetahui di periuk mereka tidak ada sebutir nasipun. Kemudian, Putri Tangguk menuju lumbung pada mereka, lebih terkejut lagi Putri Tangguk mendapati seluruh lumbung padi mereka kosong.

Akhirnya, Putri Tangguk dan suami berangkat ke huma untuk menuai padi, karena di lumbung sudah habis, namun Putri Tangguk dan suami tambah terkejut, tidak ada padi sama sekali di huma mereka. Putri Tangguk dan suami pulang ke rumah dengan bersedih, kesedihan semakin bertambah ketika mereka mendapati anak-anak mereka menangis karena kelaparan. Putri Tangguk jatuh miskin karena kesombongannya membuat padi di jalan semaunya saja.

Interpretasi

Sifat sombong dan angkuh tidak seharusnya ada di dalam diri manusia. Kita tidak boleh bersifat boros. Seharusnya Putri Tangguk selalu bersyukur dengan keadaannya, sehingga Putri Tangguk tidak harus jatuh miskin.

Contoh Teks Eksemplum Fiksi

“Contoh Teks Eksemplum Kisah Kunka dan Deba”

Orientasi

Alkisah, dibawah pohon rindang hiduplah seekor semut rangrang bernama Kunka, ia adalah semut paling kuat dan paling cepat berlarinya dikalangan semut di tempat tinggalnya. Kunka selalu paling cepat dalam mengumpulkan makanan dan air.

Insiden

Dipagi yang cerah, seperti pagi-pagi sebelumnya, Kunka selau bergembira dan melantunkan nyanyian riang sambil menggoda sahabatnya Deba.

Selain cerdik, kuat, dan cepat, Kunka tergolong orang yang jahil. Kerap sahabatnya Deba menjadi korban kejahilannya.

Kunka dan Deba selalu mengumpulkan makanan bersama, mereka berjalan mengelilingi sekitar untuk mencari makan dan dibawa pulang untuk beberapa hari.

Pada suatu hari, Deba mendengar kabar akan datang musim kemarau, sehingga mereka harus mengumpulkan makanan lebih banyak lagi untuk satu bulan, sehingga cukup untuk persediaan selama musim kemarau. Deba kemudian menceritakan hal tersebut kepada Kunka. Air akan sulit didapat, makanan dan daun-daunan akan mengering, sehingga makanan akan susah didapat hingga musim hujan kembali datang, terang Deba.

Mendengar cerita Deba, Kunka tertawa terbahak-bahak. “Sudah Deba, santai saja. Buktinya air masih banyak, malah masih turun dari langit”, timpal Kunda yang kebetulan cuaca sedang gerimis. “Tapi katanya tidak akan lama lagi semua akan berubah Kunka” jawab Deba merasa kawatir. “Sudahlah, saya ini kuat dan cepat, saya bisa mengumpulkan makanan dan air dengan mudah dalam waktu singkat, kau saja duluan Deba, saya nanti saja” ucap Kunka.

Waktu berjalan, Deba dengan sedikit kerja lebih keras dari biasanya mengumpulkan makanan dan air untuk persiapan musim kemarau. Sedangkan Kunka masih asyik senang-senang sendiri. Tidak lama sejak itu, musim berubah menjadi musim kemarau. “Kemarau sudah tiba” ucap Deba. Kunka yang mengetahui hal itu tiba-tiba mulai panik, Ia tidak menyangka akan benar-benar terjadi, makanan dan air sudah susah didapat.

Dalam keadaan malu karena kesombongannya, Kunka harus meminta makanan dan air kepada sahabatnya Deba selama musim kemarau.

Interpretasi

Dalam keadaan apapun, kita tidak boleh sombong. Walau kita merasa cerdik dan kuat, kita tetap harus mendengarkan saran orang lain dan tidak boleh merasa sombong. Kunka yang congkak tidak menerima saran dari Deba, akhirnya harus menanggung malu meminta makanan ke Deba.

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi

“Arthras yang Boros”

Orientasi

Arthras adalah seorang pebisnis yang sedang naik daun dengan produk yang sedang trend di Jakarta. Pendapatan tiap bulan Arthras sudah terbilang besar untuk ukuran pebisnis baru.

Insiden

Berkat bisnisnya, Arthras sudah bisa membeli kendaraan dan tempat tinggal impiannya. Ia sudah bisa makan enak setiap hari, dan seketika gaya hidup Arthras berubah drastis, yang sebelumnya sederhana menjadi mewah.

Karena gaya hidup yang meningkat, Arthras tidak bisa menabung banyak. Namun, Ia yakin dengan bisnis akan terus naik, sehingga Ia tidak perlu kawatir akan hari esok.

Satu tahun kemudian, salah satu anggota keluarganya sakit, sehingga Arthras harus mengeluarkan uang banyak untuk pengobatan. Hal ini mengakibatkan Arthras menguras semua tabungannya. Tidak lama kemudian, industri di bisnis Arthras menurun, sehingga pertumbuhan bisnis Arthras semakin merosot hingga bangkrut.

Interpretasi

Sebagai manusia ciptaan tuhan, kita harus selalu bersyukur dan bijak dalam mengambil keputusan, menghindari sifat sombong dan angkuh, serta boros. Ketika diberi rezeki lebih, harus bijak membagi penghasilan untuk investasi, tabungan, biaya hidup, dan biaya tak terduga, serta menghindari hidup boros.

Contoh teks eksemplum di atas bukanlah pengalaman pribadi penulis, melainkan cerita fiktif yang penulis karang, cerita di atas dimaksudkan memberikan contoh, kira-kira seperti itu menulis teks eksemplum pengalaman pribadi.

Penutup

Nah itulah dia contoh teks eksemplum pendek yang bisa untuk bahan belajar kamu. Selanjutnya, kamu bisa mencoba membuat teks eksemplum sebagai ajang latihan, bisa tentang sesuai pengalaman, tentang pendidikan, lingkungan, persahabatan, liburan, atau juga bisa tentang peristiwa alam dan hewan.

Terimakasih sudah membaca kumpulan contoh teks eksemplum. Contoh yang saya berikan belumlah bagus, kamu harus lebih bagus lagi, kamu juga bisa memberikan saran di kolom komentar. Semoga kamu terbantu untuk membuat karangan jenis ini. Dan jika kamu membuatnya untuk tugas, semoga bisa mendapat nilai yang bagus. Jangan lupa terus berlatih.

Leave a Reply