Contoh Proposal Skripsi Lintas Jurusan

4 Contoh Proposal Skripsi Lintas Jurusan (Terbaru & Terlengkap)

Proposal merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari proses penulisan skripsi. Sebelum menyusun skripsi yang sebenarnya, Anda harus mengajukan proposal skripsi untuk disetujui dan dikonsultasikan. Untuk meringankan pekerjaan, tidak ada salahnya jika Anda mencari referensi contoh proposal skripsi.

Ada banyak sekali contoh proposal yang bisa ditemukan di internet, namun tidak banyak yang mengikuti sistematika penulisan skripsi. Di bawah ini Anda akan mendapatkan 4 contoh proposal skripsi pdf dan skripsi doc mini berbagai jurusan yang pastinya bisa membantu proses penyusunan proposal Anda.

Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika

Contoh Proposal Skripsi Teknik Informatika

Skripsi Teknik Informatika umumnya berkaitan dengan penerapan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh proposal skripsi mengenai penggunaan aplikasi untuk inventarisasi barang-barang milik perusahaan.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak positif bagi kehidupan manusia. Dampak tersebut meliputi beragam kemudahan dalam menjalankan berbagai aktivitas, termasuk pengolahan data, pengelolaan laporan keuangan, pengolahan data kepegawaian, dan lain sebagainya.

Aktivitas tersebut mempunyai kaitan erat dengan proses bisnis sehingga perlu dilakukan monitoring rutin. Selain itu, aktivitas yang dimaksud juga berhubungan dengan jalannya bisnis sebuah perusahaan.

B. Rumusan Masalah

Agar penelitian lebih fokus, maka rumusan masalah ditekankan pada penelusuran barang, pencatatan barang, mutasi barang dan laporan kepada pimpinan.

C. Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan menerapkan sebuah aplikasi yang akan membantu proses inventarisasi barang berbasis komputer. Aplikasi mendukung inventarisasi yang sistematis dan terstruktur sehingga dapat meningkatkan kinerja PT Adil Makmur.

D. Manfaat

Manfaat dari penulisan skripsi ini adalah:

  • Menerapkan seluruh teori yang diperoleh dari perkuliahan mengenai basis data dan pemrograman.
  • Mempermudah sistem inventarisasi perusahaan PT Adil Makmur sehingga lebih cepat dan akurat.

BAB II
LANDASAN TEORI

A. Sistem Informasi

Merupakan sebuah sistem yang terdiri dari bagian yang tidak dapat terpisahkan. Sistem ini beroperasi secara bersama-sama demi mencapai tujuan. Sistem membutuhkan lebih dari satu elemen, yang mana keseluruhan elemen tersebut saling berhubungan.

B. Konsep Data

Menurut Fathansyah (2002:2), data merupakan perwakilan fakta dari dunia nyata yang mewakili sebuah obyek seperti manusia, barang, atau peristiwa yang kemudian dinyatakan ala bentuk huruf, angka, simbol, atau gambar.

Berdasarkan konsep data tersebut, jelas bahwa data bisa berupa apa saja dan bisa ditemukan di mana saja. Data dapat digunakan sebagai bahan obyektif dalam menyusun kebijakan atau keputusan.

C. Barang

Barang merupakan benda yang mempunyai wujud dan dapat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan jasa merupakan barang yang tidak berwujud namun bisa memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan.

D. Inventarisasi

Inventarisasi adalah proses pengelolaan persediaan barang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau lembaga untuk kegiatan operasional. Inventaris sangat penting untuk mengetahui keadaan perlengkapan suatu perusahaan sehingga dapat diketahui apabila terjadi gangguan.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. Metodologi Penelitian

Untuk mendapatkan data yang akurat demi kepentingan pembuatan aplikasi fungsional, maka diperlukan metode penelitian. Obyek penelitian adalah PT Adil Makmur yang berlokasi di Jl. Soekarno No. 102 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut:

a. Studi Lapangan

  • Wawancara

Untuk melengkapi data, penulis menggunakan metode wawancara. Penulis melakukan wawancara dengan pihak PT Adil Makmur, terutama yang bertanggung jawab dalam inventarisasi barang. Pertanyaan meliputi langkah-langkah pengelolaan barang inventaris.

  • Observasi

Selain melakukan tanya jawab, pengumpulan data juga dilakukan dengan metode observasi. Penulis mencari data yang diperlukan seperti pencatatan, pengolahan hingga pemeliharaan di PT Adil Makmur.

b. Studi Pustaka

Penulis juga melakukan pengumpulan data melalui studi pustaka dengan membaca buku serta laporan yang relevan yang dapat menjadi dasar teori dan perbandingan.

B. Analisa Sistem yang Berjalan

Proses pengolahan data inventaris barang di PT Adil Makmur masih menggunakan aplikasi perkantoran dan pencatatan buku yang kemudian disimpan sebagai dokumen arsip. Hal ini membuat terjadinya perlambatan dalam pembuatan laporan dan inefisiensi kerja staf-staf terkait.

Dalam proses pengetikan, sering terjadi kesalahan sehingga dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Adapun penulis menemukan masalah sebagai berikut:

Data inventaris barang diketik menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel kemudian dicetak. Perusahaan tidak mempunyai aplikasi pengolahan data yang mudah dipahami dan dipakai oleh staf terkait.

C. Menentukan kebutuhan Sistem Inventarisasi Baru

Tahapan ini menentukan kebutuhan software dan hardware baru yang dapat digunakan untuk menunjang sistem inventarisasi. Langkah yang dilakukan adalah:

  • Menguji dan memeriksa software yang digunakan.
  • Memilih peralatan komputer yang diperlukan
  • Memperhitungkan kebutuhan SDM yang terlibat.

Contoh Proposal Skripsi Akuntansi

Contoh Proposal Skripsi Akuntansi

Akuntansi berkaitan dengan keuangan namun bukan berarti Anda harus selalu berfokus pada keuangan suatu lembaga. Berikut ini contoh proposal skripsi jurusan Akuntansi yang membahas tentang pengaruh faktor organisasi dengan peningkatan sistem akuntansi daerah.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sistem Akuntansi Keuangan Daerah merupakan sebuah sistem yang meliputi proses pencatatan, penafsiran hingga pelaporan transaksi keuangan dalam rangka melaksanakan APBD. Sistem akuntansi ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang dapat diterima.

Pemerintah telah UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara serta UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan UU Nomor 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan Dana. Peraturan tersebut menunjukkan adanya reformasi pengelolaan keuangan.

Dalam penelitian ini, peneliti akan menguji faktor perlakuan organisasi pada kegunaan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah di Kabupaten Dadapan.

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang muncul adalah sebagai berikut:

  1. Apakah faktor organisasi seperti dukungan atasan, tujuan dan pelatihan dapat berdampak pada peningkatan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah?
  2. Apakkah faktor organisasi seperti dukungan atasan, tujuan, dan pelatihan dengan variabel intervening dapat berpengaruh pada peningkatan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah?

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor organisasi seperti dukungan atasan, tujuan, dan pelatihan dalam meningkatkan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah. Penelitian juga bertujuan untuk menguji secara tidak langsung faktor organisasi dengan variabel intervening.

Dengan pengujian tersebut, diharapkan dapat menurunkan konflik afektif dan meningkatkan konflik kongesif demi peningkatan fungsi Sistem Akuntansi Keuangan Daerah.

D. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat di bidang akademik maupun non akademik seperti:

  1. Memberikan tambahan literatur yang terkait dengan faktor organisasi dan hubungannya dengan fungsi Sistem Akuntansi Keuangan Daerah.
  2. Sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi pemerintah daerah dalam penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Sistem Akuntansi Keuangan Daerah

Akuntansi adalah sistem yang terdiri dari bagian yang saling berhubungan. Sistem Akuntansi Keuangan Daerah merupakan sistem yang meliputi pencatatan, penafsiran, peringkasan kejadian keuangan, dan pelaporan keuangan yang bertujuan untuk melaksanakan APBD.

B. Faktor Organisasi

Berdasarkan implementasi sistem, organisasi mempunyai tiga aspek yaitu dukungan atasan, tujuan, dan pelatihan. Menurut Chenhall (2004), faktor dukungan atasan merupakan keterlibatan manajemen dalam mengatur kemajuan proyek serta menghadirkan sumber daya yang dibutuhkan.

Kejelasan tujuan merupakan kejelasan dalam memandang tujuan dalam menggunakan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah. Sedangkan pelatihan adalah usaha untuk mengarahkan dan membantu pemahaman yang berkaitan dengan sistem.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi.

Contoh Proposal Skripsi Hukum

Contoh Proposal Skripsi Hukum

Ada banyak sekali contoh proposal skripsi untuk jurusan hukum dengan topik yang berbeda. Kali ini contoh proposal berkaitan dengan tinjauan yuridis pemusnahan barang sitaan narkotika di Kejaksaan Negeri Bandung sesuai dengan sistematika penulisan yang benar.

A. Latar Belakang Masalah

Negara Indonesia adalah negara hukum. Dengan ketentuan tersebut, maka setiap orang mempunyai kedudukan yang sama di hadapan hukum serta berhak atas pengakuan dan perlindungan hukum.

Untuk memperkuat prinsip tersebut, perubahan UUD 1945 telah membawa perubahan yang substansi dalam bidang ketatanegaraan, khususnya kekuasaan kehakiman. UU nomor 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman menyatakan bahwa badan hukum lain diatur oleh undang-undang.

Mengingat bahwa UU Nomor 5 Tahun 1991 sudah tidak lagi sesuai, maka diperlukan undang-undang baru yang lebih relevan. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

B. Rumusan Masalah

Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana pemusnahan barang sitaan narkotika dilaksanakan di Kejaksaan Negeri Bandung.
  2. Bagaimana pengawasan terhadap pelaksanaan tersebut?

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini antara lain:

  1. Untuk mengetahui kemusnahan barang sitaan narkotika di Kejaksaan Negeri Bandung.
  2. Untuk Mengetahui pengawasan terhadap kemusnahan barang sitaan narkotika.

D. Manfaat Penelitian

Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Memberikan sumbangan pemikiran dan tambahan literatur terhadap pengembangan ilmu hukum pidana, terutama terkait pemusnahan barang sitaan narkotika.
  2. Menghadirkan sumbangan pemikiran terhadap pengawasan pelaksanaan pemusnahan sitaan narkotika.

E. Tinjauan Pustaka

Sistem peradilan pidana berbeda dengan proses peradilan pidana sebagaimana disampaikan oleh Loebby Loqman. sistem merupakan rangkaian yang saling terkait sehingga menciptakan sebuah mekanisme.

Sedangkan proses, dalam hal ini proses peradilan pidana, merupakan jalannya suatu peradilan pidana. Proses ini dimulai sejak seseorang diduga melakukan tindak pidana hingga orang tersebut bebas setelah menjalani hukuman.

Romli Atmasasmita mengutip pernyataan Hagan mengenai definisi proses peradilan pidana. Menurut Hagan, proses peradilan pidana merupakan setiap tahap yang membawa seorang tersangka menuju proses penentuan pidana.

Sementara itu, sistem peradilan pidana merupakan keterkaitan antara keputusan dari setiap lembaga yang terlibat dalam proses peradilan.

F. Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang dilakukan berdasarkan pada data sekunder. Data diperoleh dari penelitian kepustakaan menggunakan pendekatan yuridis.

Contoh Proposal Skripsi Manajemen

Contoh Proposal Skripsi Manajemen

Ada banyak sekali referensi mengenai proposal skripsi manajemen lengkap dengan contoh jurnal skripsi. Berikut ini contoh teks proposal skripsi untuk jurusan Manajemen Pemasaran.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Seiring berkembangnya ilmu dalam bidang teknologi dan informasi, hal ini berdampak pada bidang telekomunikasi yang juga semakin meningkat. Komunikasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Beragam alat diciptakan untuk membuat komunikasi menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien.

Salah satu penemuan alat yang menggebrak dunia telekomunikasi adalah telepon seluler. Seiring meningkatnya pengguna telepon seluler, perusahaan penyedia jasa kartu seluler berlomba-lomba untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Terdapat beragam pilihan penyedia jaringan seluler yang dapat dipilih, baik yang berbasis GSM maupun CDMA. PT Indosat merupakan salah satu penyedia jasa layanan komunikasi yang menghadirkan layanan secara lengkap dengan berbagai pilihan.

Perusahaan ini menggunakan berbagai strategi untuk menarik perhatian konsumen, salah satunya adalah melalui iklan. Sebagai salah satu media promosi, iklan dapat memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk dan jasa yang ditawarkan.

Efektivitas iklan sangat ditentukan oleh sikap konsumen terhadap iklan tersebut. Dengan kata lain, sikap konsumen dapat mempengaruhi daya beli terhadap produk yang ditawarkan.

B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut, dapat dirumuskan beberapa masalah antara lain:

  1. Apakah sikap konsumen terhadap iklan berdampak pada minat beli?
  2. Apakah sikap konsumen terhadap merek berdampak pada minat beli?
  3. Apakah persepsi konsumen terhadap iklan berdampak pada sikap terhadap iklan?
  4. Apakah pesan iklan berdampak pada sikap konsumen terhadap iklan?

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan seperti:

  1. Untuk menganalisis dampak sikap konsumen terhadap iklan pada minat beli.
  2. Untuk menganalisis dampak sikap konsumen terhadap merek pada minat beli.
  3. Untuk menganalisis dampak persepsi konsumen terhadap iklan pada sikap terhadap iklan.
  4. Untuk menganalisis dampak pesan iklan pada sikap terhadap iklan.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A. Perilaku Konsumen

Menurut Dharmmesta dan Handoko (2000:10), perilaku konsumen merupakan kegiatan perseorangan yang terlibat dalam memperoleh dan menggunakan barang dan jasa. Perilaku mempunyai kaitan dengan keputusan pembelian produk barang atau jasa.

Menurut pernyataan Kotler (1997:10) mengenai perilaku konsumen, selain dipengaruhi oleh karakteristik konsumen, keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh rangsangan perusahaan yang meliputi harga, promosi, produk, dan tempat.

Sedangkan persepsi menurut Kotler (1997) adalah proses memilih dan menafsir rangsangan agar mendapatkan arti tertentu. Persepsi terhadap produk melalui proses yang terkait dengan beberapa komponen seperti kemasan dan bentuk serta komunikasi.

B. Periklanan

Periklanan sebagai salah satu tahap pemasaran saling berkaitan seperti mata rantai. Dalam Jefkins (1996:5), periklanan adalah pesan penjualan yang bersifat persuasif yang ditujukan kepada calon konsumen.

Sedangkan Kotler (1997) menyatakan bahwa periklanan merupakan penyajian dalam berbagai bentuk dari ide, barang, atau jasa yang dilakukan oleh sponsor dan membutuhkan biaya. Periklanan bertujuan untuk menjalankan fungsi informasi, fungsi persuasif, dan fungsi pengingat.

C. Sikap

Sikap merupakan konsep yang dibutuhkan oleh pemasar untuk memahami konsumen. Allport dalam Setiadi (2003) mendefinisikan sikap sebagai mental atau syaraf yang berhubungan dengan kesiapan menanggapi melalui pengalaman. Sikap berpengaruh terhadap perilaku.

Sikap terhadap iklan merupakan cara konsumen dalam menanggapi sebuah iklan. Assel (2001:368) mengutarakan bahwa sikap terhadap iklan merupakan kecenderungan konsumen untuk menjawab sebuah iklan dengan baik atau tidak baik.

Sedangkan sikap terhadap merek merupakan kecenderungan untuk mengevaluasi sebuah merek. Caranya adalah dengan mendukung atau tidak mendukung secara konsisten. Evaluasi sangat beragam, mulai dari sangat buruk hingga sangat baik.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Untuk mendapatkan data yang akurat, maka diperlukan sebuah metode penelitian. Metode yang digunakan kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara terhadap pengguna kartu IM3 dan observasi.

Dengan adanya beberapa contoh proposal skripsi dari berbagai jurusan seperti yang telah dijabarkan di atas, Anda bisa lebih memahami sistematika penulisan dan komponen yang harus ada di dalamnya. Selamat menyusun proposal Anda!

Leave a Reply