Contoh Makalah

11 Contoh Makalah yang Baik dan Benar Sesuai Kaidah Ilmiah

Proses penyusunan makalah menjadi aktivitas yang tak bisa dilepaskan dari keseharian seorang mahasiswa. Tujuan penyusunannya beragam, misalnya untuk memenuhi tugas dari dosen atau sebagai partisipasi dalam sebuah ajang lomba karya tulis ilmiah. Oleh karena itu, mengetahui contoh makalah sederhana yang benar dan sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah menjadi pengetahuan penting untuk mahasiswa.

Sebagai bagian dari salah satu jenis karya tulis ilmiah, mahasiswa harus mengetahui cara penulisan serta struktur yang benar dari sebuah makalah. Di waktu yang sama, mahasiswa juga perlu memiliki pengetahuan tentang perbedaan antara makalah dengan jenis karya tulis ilmiah lain. Tak hanya itu, penyusunannya juga harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Perbedaan Makalah dengan Jenis Karya Tulis Ilmiah Lain

Sebagai bagian dari sebuah karya tulis ilmiah, proses penyusunan makalah harus dilakukan secara cermat. Di dalamnya harus disertai dengan landasan pemikiran yang jelas, lugas, logis, objektif serta sistematis. Tidak ketinggalan, Anda juga perlu mengetahui klasifikasi berbagai jenis karya tulis ilmiah, terutama makalah, jurnal ilmiah dan paper.

Ketiga jenis karya ilmiah ini memang memiliki struktur yang mirip. Namun, ketiganya juga punya perbedaan cukup mencolok, yaitu:

1. Makalah

Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang menjabarkan sebuah permasalahan dengan disertai pembahasan secara ilmiah menggunakan data objektif di lapangan. Penyusunan makalah biasanya dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari tugas kuliah, untuk keperluan seminar, atau diskusi.

2. Paper

Sementara itu, paper merupakan karya tulis ilmiah yang digunakan sebagai sarana dokumentasi sebuah penelitian. Penelitian yang dituliskan pada sebuah paper, bisa termasuk penelitian baru atau ulasan atas penelitian terdahulu.

3. Jurnal ilmiah

Selanjutnya, jurnal ilmiah adalah kumpulan dari beberapa paper yang dipublikasikan setiap beberapa waktu tertentu. Hanya saja, paper yang termuat pada jurnal ilmiah harus melewati proses seleksi ketat, dilakukan oleh tenaga ahli atau akamedisi pada bidang yang sesuai.

Susunan, Struktur, dan Kerangka Makalah Akademik yang Baik dan Benar

Sebagai bagian dari sebuah karya ilmiah, struktur makalah juga harus disusun dengan baik dan sesuai standar. Untuk mengetahui susunan, struktur, dan kerangka makalah yang tepat, bisa dilihat sebagai berikut:

Sampul

Cover makalah atau sampul merupakan bagian terluar dari sebuah makalah dan harus disusun secara rapi. Di sini, termuat informasi berupa judul makalah, nama penulis, logo institusi, dan dilengkapi tahun serta tempat penerbitan makalah.

Penulisan judul makalah dilakukan dengan huruf kapital tebal memakai font Times New Roman berukuran 14. Tak lupa, penempatannya harus dilakukan dengan layout center atau rata tengah. Selain itu, penulisan judul juga wajib dilakukan secara jelas dan spesifik.

Nah untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh cover makalah sesuai penjelasan di atas.

Contoh Cover Makalah
Contoh Cover Makalah

Abstrak

Bagian selanjutnya adalah abstrak—biasanya ditulis dalam dua versi, yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Isi dari abstrak adalah rangkuman dari pembahasan yang ada dalam sebuah makalah. Tujuan pembuatannya adalah untuk memudahkan pembaca memahami isi dari makalah tersebut.

Selain itu, cara penulisan makalah juga penting untuk diperhatikan. Abstrak dalam bahasa Indonesia, tak boleh ditulis lebih dari 250 kata. Sementara itu, abstrak bahasa Inggris tidak boleh melebihi 200 kata. Tak lupa, penulisan abstrak juga disertai dengan kata kunci.

Kata pengantar

Kata pengantar merupakan bagian dari makalah yang menjadi sarana penulis dalam mengekspresikan rasa syukur. Selain itu, kata pengantar juga kerap dibuat dengan menuliskan harapan penulis makalah serta permintaan atas saran dan kritik dari para pembaca.

Contoh kata pengantar makalah

Sebagai referensi, Anda dapat melihat contoh kata pengantar makalah sebagai berikut:

Rasa syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi rahmat sehingga proses penyusunan makalah berjudul “Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa” bisa terselesaikan dengan baik. Dalam penyusunannya, kami juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini.

Tak lupa, kami juga sadar bahwa dalam penyusunannya, makalah ini masih memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, tim penulis sangat terbuka terhadap berbagai saran serta kritik yang bisa menjadi masukan positif yang bermanfaat bagi dunia pendidikan.

Jakarta, 16 Oktober 2019

Penulis

Daftar Isi

Halaman ini menampilkan informasi mengenai daftar isi dari makalah. Biar lebih jelas dalam memahami bagian ini, Anda dapat melihat contoh daftar isi makalah pemanasan global sebagai berikut:

  • DAFTAR ISI
  • Abstrak
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Bab I Pendahuluan
  • A. Latar belakang permasalahan
  • B. Rumusan masalah
  • C. Tujuan penelitian
  • Bab II Pembahasan
  • A. Apa yang Dimaksud Pemanasan Global?
  • B. Dampak Pemanasan Global dalam Kehidupan Sehari-hari
  • C. Hal yang Dapat Dilakukan untuk Mengurangi Dampak Pemanasan Global
  • Bab III Penutup
  • A. Kesimpulan
  • B. Saran
  • C. Penutup
  • DAFTAR PUSTAKA

Diatas adalah urutannya, namun untuk lebih jelas format penulisan contoh daftar isi makalah yang benar, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Contoh Daftar Isi Makalah
Contoh Daftar Isi Makalah Pemanasan Global

Pendahuluan

Bagian pendahuluan menjelaskan tentang pandangan umum terhadap kajian yang dibahas dalam makalah melalui pandangan penulis. Dalam penulisannya, penulis dapat menjabarkan tentang alasan pembuatan makalah ataupun permasalahan yang dibahas di dalamnya.

Secara umum, Anda akan mendapati banyak contoh makalah yang memiliki 3 bagian pada pendahuluan. Tiga bagian tersebut adalah:

1. Latar belakang

Latar belakang merupakan bagian yang menjelaskan kenapa penulis perlu mengangkat sebuah permasalahan dalam makalah. Di sini, penulis dapat menjabarkan berbagai temuan atau data-data terdahulu. Bagian ini juga menjelaskan tentang ruang lingkup, poin krusial, serta objek yang diteliti.

2. Rumusan masalah

Rumusan masalah menjadi tempat untuk menuliskan secara lebih detail mengenai poin-poin permasalahan yang diteliti. Uraian tentang rumusan masalah biasanya tidak terlalu banyak, terdiri dari 2 atau 3 pertanyaan. Selanjutnya, pertanyaan pada rumusan masalah ini bakal dibahas pada pembahasan.

Contoh pendahuluan dengan disertai Contoh latar belakang makalah untuk tema kewirausahaan, bisa Anda lihat sebagai berikut:

BAB I Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Banyak orang yang menganggap bahwa pencapaian menjadi seorang pengusaha sukses adalah hal sulit dan bahkan mustahil. Namun, dengan metode yang tepat, siapa saja bisa meraih kesuksesan lewat jalan bisnis.

Meski begitu, pencapaian menjadi seorang pengusaha memerlukan kerja keras untuk bisa meraih kesuksesan. Di waktu yang sama, pemanfaatan teknologi juga menjadi faktor krusial untuk memperoleh pencapaian tersebut.

B. Rumusan Masalah

  • Bagaimana cara menjadi seorang pengusaha sukses?
  • Bagaimana langkah yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang pengusaha?
  • Apa saja bisnis yang dapat dijalankan untuk menjadi pengusaha sukses?

C. Tujuan pembahasan

Tujuan pembahasan atau tujuan penelitian memberikan informasi mengenai manfaat yang bisa didapatkan dari makalah yang disusun. Penulisan tujuan pembahasan harus dilakukan secara singkat, jelas, dan mampu memberi gambaran kepada pembaca mengenai jenis manfaat yang bisa dirasakan.

Selain itu, terkait tujuan pembahasan dalam berbagai contoh makalah, Anda juga akan mendapati ada 2 jenis tujuan, yakni tujuan fungsional serta tujuan individual. Tujuan fungsional berkenaan dengan manfaat makalah bagi instansi. Sementara itu, tujuan individu merupakan manfaat makalah untuk penulis atau pembaca.

Pembahasan

Pembahasan menjadi inti dari sebuah makalah. Pada bagian ini, Anda akan menemukan bahasan terkait masalah yang dihadapi, metode penelitian yang dijalankan, lokasi penelitian, serta data-data yang didapatkan dari hasil penelitian. Data tersebut bervariasi, dapat berupa data kuantitatif, kualitatif, atau campuran.

Pilihan metode penelitian yang dijalankan juga tidak kalah beragam. Anda dapat menemukan metode berupa wawancara, survei, pengambilan data di lapangan, atau dengan cara pengamatan. Sebagai tambahan, bagian pembahasan juga disertai dengan landasan teori, ulasan materi, serta solusi yang didapatkan dari hasil penelitian.

Penutup

Bagian penutup dalam sebuah makalah terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Kesimpulan

Di sini, penulis perlu menjelaskan mengenai hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan yang ada pada bagian penutup juga perlu memberi jawaban atas pertanyaan di rumusan masalah. Di sini juga bisa diketahui apakah masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menjawab rumusan masalah atau tidak.

2. Saran

Saran yang ada di dalam penutup makalah merupakan saran untuk pembaca. Saran ini diberikan sebagai bagian dari kesimpulan, apakah penelitian perlu dikembangkan, tindakan lebih lanjut, ataupun penerapan secara langsung. Dengan begitu, pembaca bisa memperoleh manfaat penelitian baik secara teori ataupun praktik.

Contoh penutup makalah dan contoh saran dalam makalah untuk tema narkoba, bisa Anda lihat sebagai berikut:

Contoh Penutup Makalah
Contoh Penutup Makalah

Atau contoh lainnya seperti berikut ini:

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari pembahasan yang ada pada makalah ini, bisa disimpulkan bahwa:

  • Narkoba merupakan bahan yang berbahaya dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena menimbulkan adiksi bagi para penggunanya.
  • Penggunaan narkoba tidak boleh dilakukan secara sembarangan, hanya dengan disertai pengawasan dari dokter dan tenaga kesehatan.
  • Penyalahgunaan narkoba juga menjadi penyebab penyebaran berbagai penyakit berbahaya, termasuk di antaranya adalah HIV/AIDS. Pada kondisi yang parah, pemakaian narkoba juga bisa berakibat penggunanya meninggal dunia.

B. Saran

Dampak penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya, terutama bagi generasi muda. Oleh karena itu, masyarakat perlu melakukan upaya pencegahan agar anak muda tidak menjadi pengguna barang berbahaya tersebut.

Upaya pencegahan tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua. Masyarakat juga perlu berpartisipasi agar dalam melakukan pencegahan tersebut. Apalagi, narkoba bisa menyasar siapa saja, termasuk anak kecil.

Daftar pustaka

Terakhir, penulis perlu memasukkan daftar pustaka. Bagian ini berguna untuk menampilkan referensi yang menjadi rujukan penulis dalam menyusun makalah. Referensi bisa berupa buku, jurnal, ataupun website. Penulisan daftar pustaka harus dilakukan secara sistematis berdasarkan nama pengarang.

Cara penulisan daftar pustaka berbeda-beda sesuai dengan jenis referensi yang digunakan, di antaranya:

1. Buku

Daftar pustaka yang didapatkan dari buku diawali dengan penulisan nama pengarang, tahun penerbitan buku, judul buku, kota serta nama penerbit.

2. Jurnal, koran, atau majalah

Sementara itu, referensi dari koran, atau majalah bisa ditulis dengan urutan nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel, judul majalah, bulan penerbitan (kalau ada), tahun terbitan yang ke berapa (kalau ada), serta tempat terbit. Untuk cara menulis daftar pustaka dari jurnal juga sama.

3. Website

Selanjutnya, referensi juga bisa diperoleh dari website atau internet. Cara menulis daftar pustaka dari internet dapat dilakukan dengan urutan, nama pengarang, tahun penerbitan, judul, waktu akses, nama website, serta alamat website.

Biar lebih jelas, Anda dapat melihat contoh daftar pustaka makalah sebagai berikut:

Arikunto, Syharsini. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Fred R. David. 2006. Manajemen Strategis, Edisi: X. Jakarta: Salemba Empat

Kusuma, H. 2010. Manajemen Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Andi Publisher.

Format Penulisan Makalah Ilmiah

Hal yang perlu diperhatikan dalam setiap penyusunan makalah bukan hanya berkaitan dengan strukturnya. Anda juga perlu mencermati format makalah. Meski terkesan sepele, tetapi banyak penulis yang mengacuhkan aturan format penulisan makalah.

Beberapa kesalahan format makalah yang sering dilakukan di antaranya:

Ukuran kertas

Jenis kertas yang digunakan untuk mencetak makalah adalah kertas ukuran A4.

Jenis font

Font yang dipakai untuk pembuatan makalah tidak boleh sembarangan, harus Times New Roman. Selain itu, ukuran font juga perlu diperhatikan, yakni ukuran 12.

Pengaturan halaman

Halaman makalah harus diatur dengan marjin yang sesuai. Di bagian kiri dan atas, marjinnya adalah 4. Sementara itu, bagian kanan, serta bagian bawah memakai marjin ukuran 3.

Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan pengaturan pada penggunaan spasi. Ukuran spasi yang sering dipakai dalam cara membuat makalah adalah spasi 1,5. Pada beberapa perguruan tinggi tertentu, ada pula yang memperbolehkan spasi ganda.

Penomoran

Penomoran halaman makalah tak boleh dilewatkan. Bagian sampul tak perlu diberi nomor. Selanjutnya, Abstrak, Kata Pengantar, serta Daftar Isi memakai format romawi. Sementara itu, Bab 1 sampai halaman terakhir memakai penomoran biasa.

Format gambar, grafik, dan tabel

Setiap gambar yang ada di dalam makalah diberi nomor secara berurutan. Tak lupa, gambar tersebut juga disertai judul yang singkat. Penempatan judul gambar ditempatkan di bagian bawah gambar.

Tabel di dalam makalah disusun menggunakan format horizontal dan disertai dengan nomor serta judul. Penempatan judul pada tabel dilakukan pada bagian atas.

Metode pengutipan

Cara pengutipan dalam sebuah makalah bisa dilakukan dengan dua cara. Anda dapat mengutip kalimat dalam ukuran yang pendek berupa kalimat langsung. Selain itu, ada pula metode pengambilan kutipan dengan kalimat panjang.

Contoh kutipan bisa dilihat sebagai berikut:

… Menurut penjelasan dari Reny Agustien (2015): “… Tidak jelas benar kapan dia mulai menjadi rajin …”

Catatan kaki

Catatan kaki atau footnotes juga menjadi format makalah yang perlu diperhatikan selanjutnya. Footnote dapat digunakan ketika sebuah kalimat memerlukan penjelasan tambahan yang cukup panjang dan di luar konteks, petunjuk sumber, ataupun kutipan tertentu yang keberadaannya bakal mengganggu penyajian uraian makalah.

Cara Membuat Makalah

Tahapan Pembuatan Makalah Mahasiswa

Setelah mendapatkan uraian mengenai susunan, struktur, kerangka makalah dengan disertai formatnya, Anda tinggal mempraktikannya secara langsung. Dalam cara membuat makalah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:

Langkah persiapan

Cara membuat makalah yang bagus harus disertai dengan persiapan matang. Persiapan tersebut mencakup banyak hal, termasuk di antaranya:

Pemilihan topik

  • Merumuskan tujuan dan batasan permasalahan
  • Menentukan judul makalah
  • Pengumpulan data / referensi dan wawancara kalau diperlukan

Pembuatan draf makalah

Setelah langkah persiapan dilakukan, tahap berikutnya adalah dengan menyusun draf makalah. Draf ini merupakan tulisan kasar yang berisi segala informasi berkaitan dengan tema makalah. Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan perumusan masalah dan menarik kesimpulan pada tahapan ini.

Revisi

Tahap yang ketiga adalah dengan melakukan pemeriksaan ulang pada draf makalah. Pemeriksaan ini penting untuk dilakukan agar tidak ada pembahasan yang melebihi ruang lingkup tema. Selain itu, hal ini juga berguna untuk mengetahui ada tidaknya bagian yang kurang mendetail di dalam makalah.

Pengeditan

Makalah yang sudah melalui tahap revisi masih perlu pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menghilangkan adanya kesalahan ketik, penulisan tanda baca, penyesuaian kosakata atau penggunaan format tulisan.

Publikasi

Setelah menjalani proses pengeditan, pastikan tidak ada kesalahan pada bagian sampul. Sesuaikan format sampul dengan standar yang ditetapkan oleh media publikasi. Kalau perlu, lakukan konsultasi dengan pembimbing.

Contoh Makalah Mahasiswa yang Benar

Dengan memperhatikan serta mengikuti panduan di atas, Anda tidak akan mengalami kesulitan berarti dalam menyusun makalah dalam berbagai tema. Kalau masih kesulitan, tak perlu khawatir. Berikut ini ada 11 contoh makalah mahasiswa dan pelajar (siswa) berbentuk MS Word atau doc yang bisa dicermati:

Contoh Makalah Narkoba

Contoh makalah mahasiswa ini bisa menjadi pertimbangan dalam membuat karya ilmiah berkaitan dengan narkoba. Di dalamnya, tercantum format makalah yang tepat dengan disertai informasi akurat mengenai hal-hal berkaitan narkoba.

Berikut makalah narkoba yang bisa Anda jadikan referensi untuk tugas, bisa untuk mahasiswa dan siswa.

Contoh Makalah Kewirausahaan

Anda juga bisa mengetahui format makalah kewirausahaan secara komprehensif dalam contoh berikut. Makalah ini disusun dengan struktur yang benar dalam membuat makalah bertema kewirausahaan.

Makalah Kewirausahaan (PDF)

Contoh Makalah Pemanasan Global

Makalah pemanasan global menjadi tema penting yang perlu dikaji secara mendalam. Lewat pembahasan tema ini, masyarakat bisa lebih tahu mengenai dampak dari pemanasan global dan cara mencegahnya.

Makalah Pemanasan Global (PDF)

Contoh Makalah Renang

Makalah renang menjadi contoh karya tulis ilmiah berikutnya yang bisa Anda unduh di sini. Makalah ini menjelaskan teori tentang renang dan manfaatnya bagi kesehatan.

Contoh Makalah Penelitian

Penelitian tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pelaksanaan penelitian harus sistematis dan berdasarkan fakta yang ilmiah. Makalah ini memberi panduan yang bisa memberi manfaat dalam melakukan penelitian secara benar.

Makalah penelitian di bawah ini sudah lengkap, mulai dari pendahuluan, contoh kata pengantar makalah, contoh daftar isi makalah, hingga contoh penutup makalah yang bisa anda jadikan rujukan.

Contoh Makalah Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja menjadi salah satu problematika dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh makalah mahasiswa ini bisa membantu dalam mengidentifikasi kenakalan remaja secara dini dan cara penanggulangannya dengan baik.

Contoh Makalah Pancasila

Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Makalah yang secara khusus membahas tentang Pancasila menjadi sarana para pembaca makalah untuk mempelajari dan mengetahui maknanya lebih dalam.

Nah, untuk selengkapnya bagaimana makalah pancasila itu, kami sudah membuatkannya untuk Anda hingga ke contoh saran dalam makalah untuk tema ini.

Contoh Makalah Bola Voli

Makalah tentang bola voli menjadi informasi penting untuk para pembaca yang memiliki ketertarikan pada dunia olahraga, khususnya olahraga bola voli.

Silahkan anda bisa mendownload contoh makalah bola voli doc di bawah ini. Semoga ini bisa membantu tugas kuliah atau sekolah anda.

Contoh Makalah Agama

Aturan agama menjadi salah satu landasan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Penyusunan makalah agama berguna untuk memberi gambaran tentang peran agama dalam menjaga kerukunan hidup bermasyarakat.

Contoh Makalah Bola Basket

Makalah terkait bola basket menjadi jenis karya tulis ilmiah yang bisa Anda jadikan referensi. Di sini, Anda akan menemukan penyusunan makalah bola basket yang komprehensif dengan disertai susunan, struktur, dan kerangka makalah yang benar.

Contoh Makalah Demokrasi

Makalah demokrasi juga perlu menjadi pengetahuan penting untuk setiap warga negara Indonesia. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang menggunakan prinsip demokrasi.

Itulah panduan komplet yang dapat Anda manfaatkan untuk bisa melakukan penyusunan makalah. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bisa membantu. Jika anda menginginkan file pdf nya silahkan request di kolom komentar. Semoga artikel contoh makalah ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply