Cara Mengobati Sariawan Pada Anak Dan Bayi

Posted on

Tentunya sariawan adalah jenis penyakit yang sudah familier di telinga Anda. Sariawan merupakan luka kecil yang muncul di mulut atau bagian dasar gusi. Jenis penyakit yang tidak menular ini akan menyebabkan rasa sakit yang kemudian membuat Anda sulit makan dan berbicara.
Cara Mengobati Sariawan Pada Anak Dan Bayi
Siapapun bisa mengalami sariawan, baik itu orang dewasa maupun anak-anak, bahkan bayi. banyak orang yang percaya bahwa sariawan datang karena banyak pikiran atau stress, namun menurut ilmu kedokteran, sariawan muncul karena adanya virus atau bakteri, ditambah lagi dengan kurangnya vitamin C pada tubuh.

Nah, bagi Anda yang mempunyai anak kecil tentunya harus tahu apa penyebab sariawan pada anak agar bisa mencegah penyakit tersebut datang.

Penyebab Sakit Sariawan Pada Anak

Untuk itu simaklah beberapa penyebab sakit sariawan pada anak berikut ini:

1. Jamur

Jika ada bercak-bercak putih pada bagian lidah atau gusi, bisa jadi itu jamur. Jamur tersebut bisa merambah ke bagian lainnya bila tidak segera diberi tindakan. Lama-kelamaan jamur akan menjadi luka yang membentuk sariawan pada mulut.

2. Kekurangan vitamin C

Penyebab ini yang paling memungkinkan saat terjadi sariawan pada mulut. Biasanya cara menyembuhkan sariawan pada anak dan orang dewasa pun dengan mengonsumsi vitamin C. Vitamin ini juga bisa Anda temukan pada beberapa buah tertentu.

3. Mulut atau gusi tergigit

Seringkali hal ini terjadi, terutama pada anak-anak. Sariawan pada anak 2 tahun biasanya disebabkan oleh gusi tergigit secara tidak sengaja. Jika gigitan tersebut kuat, maka akan menimbulkan luka kecil dan menjadi sariawan.

Beberapa hal di atas adalah penyebab anak sering sariawan, dan jika hal tersebut dibiarkan maka nafsu makan anak pun akan berkurang. Seringkali anak dan bayi mengalami demam saat terkena sariawan.

Sementara pada bayi yang berusia kurang dari satu tahun sebenarnya sangat rentan resiko sariawan. Namun jika bayi Anda mengalami hal tersebut mungkin ada beberapa hal yang bermasalah. Masalah tersebut biasanya pada jenis makanan yang dikonsumsi.

Penyebab bayi sariawan bisa jadi karena kekurangan asam folat, vitamin B12, atau zinc. Selain itu, bisa juga karena alergi terhadap suatu makanan.

Terlalu banyak mengonsumsi tomat dan jeruk pun tidak baik bagi bayi, meski kedua buah tersebut mengandung banyak vitamin, namun jika dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan sariawan. Cukuo aneh bukan? Tapi itulah faktanya.

Lantas jika hal tersebut dialami buah hati Anda, apa yang bisa dilakukan? Anda harus mengetahui dan memahami cara menyembuhkan sariawan pada bayi.

Cara Mengobati Sariawan Pada Anak Dan Bayi

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani bayi yang sedang sariawan.

1. Memberikan makanan tekstur lembut

Seringkali bayi kehilangan nafsu makan saat mengalami sariawan, hal ini karena saat mengunyah makanan mulut selalu merasa sakit.

Anda bisa mengakalinya dengan memberi makanan tekstur lembut agar asupan makan sang buah hati tetap tercukupi.

2. Kompres dengan es batu

Kompreskan es batu pada bagian yang terkena sariawan karena rasa dingin akan membuat rasa sakit berkurang. Sariawan pun akan mati rasa dan cepat tersembuhkan.

3. Air, garam, dan soda kue

Air, garam, dan soda kue adalah bahan-bahan yang ampuh menyembuhkan sariawan.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu melarutkan garam dan soda kue pada air kemudian celupkan kapas ke dalam larutan tersebut. Tempelkan kapas tersebut pada bagian mulut yang sariawan dengan hati-hati.

Sariawan di pinggir bibir pada anak memang sering terjadi, untuk itu Anda harus melakukan beberapa hal di atas agar sariawan cepat menghilang. Dengan begitu nafsu makan sang anak kembali normal dan anak bisa kembali ceria.

I am a Blogger and fast learner, internet enthusiast, and Animal Husbandry Students. Email: egisosilo@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *