Cara Mengobati Sariawan Di Bibir

Posted on

Sariawan di bagian gusi, lidah, atau bibir kerap muncul karena infeksi virus, kekurangan vitamin (vitamin B12, vitamin C, dan zat besi), alergi terhadap makanan, atau stress. Sariawan juga akan membuat nafsu makan berkurang karena timbulnya rasa sakit saat mengunyah makanan.

Cara Mengobati Sariawan Di Bibir

Tentunya hal tersebut tidak bisa dibiarkan dalam waktu lama karena bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh seperti demam. Maka jangan sampai sariawan menyarang di bagian mulut Anda dalam jangka waktu panjang.

Lantas bagaimana cara menyembuhkan sariawan di bibir? Sudah ada berbagai produk obat sebagai penyembuh sariawan, namun selain mengonsumsi obat Anda bisa melakukan pengobatan traditional tanpa mengeluarkan uang untuk membeli obat.

Baca juga Cara Mengatasi Sariawan di Lidah

Cara Mengobati Sariawan Di Bibir

Ini dia beberapa cara mengatasi sariawan di bibir tanpa obat. Yuk simak.

1. Dengan minyak kelapa
Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan yang alami. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh sariawan bisa berkurang setelah Anda mengoleskan minyak kelapa tersebut pada bagian yang terkena sariawan.

Selain minyak kelapanya, air kelapa juga bisa Anda minum untuk menetralisir racun. Dengan begitu racun, bakteri, atau virus yang bersarang di mulut akan terbawa.

2. Air garam
Air garam sudah cukup terkenal dalam mengatasi sariawan. Hal ini karena bahannya yang mudah didapat, mudah dibuat, dan cukup ampuh menghilangkan sariawan. Caranya yakni dengan melarutkan garam pada air hangat kemudian kumurkan pada mulut.

Garam disini berfungsi sebagai penekan bakteri yang ada dalam mulut Anda, sehingga bakteri penyebab sariawan akan terbasmi dengan singkat.

3. Kunyit
Cara mengatasi sariawan yang selanjutnya adalah dengan kunyit. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur atau pewarna makanan alami, kunyit juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan beberapa ruas kunyit yang sudah dikupas bersih, kemudian campurkan dengan the gliserin. Oleskan campuran tersebut pada bagian mulut yang terkena sariawan.

4. Bawang putih
Seperti yang Anda ketahui, bawang putih memiliki manfaat sebagai pengusir bakteri, termasuk bakteri yang menyebabkan sariawan di pinggir bibir.

Caranya sangat praktis, yakni hanya memotong bawang putih kemudian oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

5. Pisang dan madu
Selain rasanya yang enak, pisang dan madu pun bermanfaat sebagai obat sariawan. Vitamin yang terkandung di kedua bahan tersebut sangat mendukung dalam penyembuhan sariawan.

Jadi Anda harus mencoba pengobatan alami ini karena caranya yang mudah, hanya dengan menghaluskan pisang kemudian campurkan dengan madu. Oleskan campuran tersebut pada sariawan di ujung bibir.

6. Daun basil
Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa itu daun basil. Daun basil merupakan daun yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan yang memiliki manfaat pula sebagai obat sariawan.

Cara mengatasi sariawan bisa dengan rebusan daun basil yang kemudian digunakan untuk berkumur.

Selain melakukan beberapa cara menyembuhkan sariawan di bibir, Anda juga perlu melakukan beberapa hal yang membantu proses penyembuhan tersebut. Misalnya dengan menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin, menghindari rokok dan alcohol, serta mengonsumsi air putih yang cukup.

Jika sariawan dibiarkan dalam waktu lama tanpa penanganan, maka akan berlanjut demam. Demam tersebut muncul karena rasa sakit sariawan yang tak kunjung padam. Bibir bengkak karena sariawan pun menjadi hal biasa bagi beberapa orang.

Meski tidak berakibat fatal, jangan biarkan sariawan menyerang dan menyarang di mulut Anda. Lakukanlah pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat serta berhati-hatilah saat makan. Hal ini dilakukan karena sariawan tidak hanya disebabkan oleh kurangnya vitamin C saja, namun bisa juga karena tergigit secara tidak sengaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *