Cara Mengatasi Sariawan Di Lidah

Posted on

Sariawan merupakan salah satu penyakit pada bagian mulut yang bisa timbul karena berbagai macam penyebab. Sariawan sendiri bisa muncul di pinggir bibir, gusi, maupun di lidah. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh bakteri, namun beberapa orang mengalami sariawan karena stres akibat beban pikiran yang menumpuk.

Cara Mengatasi Sariawan Di Lidah

Penyebab lidah sariawan pun bisa karena tergigit secara tak sengaja yang kemudian membentuk luka. Luka tersebut akan terasa perih dan bisa menyebabkan penderita sariawan tidak nafsu makan. Meski sariawan bukan tergolong penyakit yang besar dan serius, namun Anda harus melakukan penanganan akan hal ini agar luka tidak semakin parah dan merambat.

Nah, cara mengatasi sariawan di lidah agar salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan halus dan tidak kasar. Hal ini dilakukan karena dalam kondisi sariawan biasanya makanan yang masuk ke mulut akan menambah rasa sakit.

Dengan makanan yang dihaluskan, maka rasa sakit itu tidak akan terasa karena Anda tidak perlu mengunyah makanan. Anda juga harus mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak saat sedang sakit, khususnya sakit sariawan.

Cara Mengatasi Sariawan Di Lidah

Sementara untuk mengobati sariawan di lidah Anda bisa melakukan beberapa cara yang tidak sulit seperti berikut ini:
1. Menggunakan obat anti jamur
Sariawan sering disebut juga jamur yang bersarang di bagian mulut, jamur tersebut akan menjadi luka dan kemudia disebut sariawan. Oleh karena itu obat anti jamur sangat diperlukan saat Anda mengalami sariawan.

Obat ini akan mengehentikan penyebaran jamur pada mulut. Anda bisa menemukan obat jamur untuk sariawan di apotek ataupun toko obat dalam bentuk tablet, permen, ataupun obat cair.

Sementara bila terjadi sariawan di lidah pada anak, khususnya bayi, Anda bisa mengoleskan krim anti jamur pada puting ASI untuk mencegah penyebaran infeksi.

2. Kumur dengan air garam
Air garam termasuk cara cepat menyembuhkan sariawan di lidah. Cara ini kerap dilakukan karena sangat mudah dan ampuh mengobati sariawan. Hanya dengan melarutkan setengah sendok garam ke dalam segelas air hangat, kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur.

Lakukan cara tersebut 3 kali sehari hingga sariawan hilang.

3. Konsumsi jus atau minuman dingin
Buah mengandung berbagai vitamin, dan dari vitamin tersebut akan membantu mengobati sariawan pada lidah. Vitamin yang paling dibutuhkan untuk pengobatan sariawan adalah vitamin C yang banyak terkandung pada jeruk, jambu, strawberry, dan lainnya. Ternyata banyak buah-buahan atau tumbuhan yang bermanfaat.

Sementara air dingin berperan sebagai pereda rasa sakit pada mulut. Dengan begitu minuman jus buah yang dingin sangat dianjurkan bagi Anda yang menderita sariawan.

4. Yogurt tanpa pemanis
Tahukah Anda jika yogurt bisa mengandung bakteri baik? Ya, bakteri baik yang terkandung pada yogurt tersebut bahkan bisa membasmi mikroorganisme yang berbahaya bagi system pencernaan, juga mikroorganisme pada bagian mulut.

Dapat disimpulkan bahwa dengan mengonsumsi yogurt, sariawan di lidah pada anak maupun orang dewasa bisa terobati karena mikroorganisnme penyebab sariawan sudah terbasmi.

5. Hindari rokok, alcohol, dan makanan yang mengandung ragi
Rokok, alcohol, dan makanan yang mengandung ragi dapat mendorong perkembangan jamur. Oleh sebab itu sariawan dapat diatasi dengan cara menghindari dari hal-hal tersebut.

Selain itu rokok dan alcohol pun sangat tidak bagus untuk kesehatan Anda. Selain mendorong perkembangan jamur, rokok dan alcohol juga bisa merusah organ-organ dalam manusia.

Selain melakukan hal-hal di atas, Anda juga harus menjaga kebersihan mulut agar bakteri dan virus tidak mudah berkembang di mulut. Berhati-hati saat makan juga sangat perlu karena penyebab lidah sariawan bisa jadi karena tergigit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *