cara membuat kuesioner online

15 Cara Membuat Kuesioner Online di Google Form

Cara Membuat Kuesioner – Umumnya jika Anda seorang mahasiswa, sudah pasti familiar dengan namanya kuesioner atau angket. Diakhir perkuliahan, pihak kampus atau dosen seringkali memberikan kuesioner untuk kita isi, sebagai penilaian atau evaluasi proses belajar dan mengajar, atau evaluasi kampus.

Untuk penelitian kuantitatif, kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang populer. Ada banyak alasan mengapa kuesioner ini sering digunakan.

Pengertian Kuesioner

Pengertian kuesioner adalah daftar pertanyaan yang disusun secara sistematis oleh peneliti yang harus dijawab oleh responden.

Ada tiga macam formulir isian / kuesioner yang biasa digunakan untuk mengumpulkan data, antara lain:

  1. Formulir isian yang bertujuan untuk keperluan administrasi,
  2. Formulir isian untuk observasi,
  3. Daftar pertanyaan atau kuesioner.

Pada postingan kali ini, kita tidak akan membahas poin nomor satu dan dua. Kita akan fokus membahas cara membuat kuesioner penelitian kuantitatif saja.

Pembuatan kuesioner ini tidak segampang yang dibayangkan, pembuatan daftar pertanyaan haruslah sesuai dengan tujuan untuk menangkap gambaran kondisi atau keadaan sesuatu yang ingin diteliti. Sebuah kuesioner yang baik, harus memenuhi kriteria berikut:

  • Mudah ditanyakan,
  • Mudah dijawab, dan
  • Mudah diproses.

Prinsip Pembuatan Kuesioner

Peneliti, haruslah membuat kuesioner yang memenuhi syarat berikut ini:

  1. Jelas. Buatlah pertanyaan menggunakan bahasa yang sejelas mungkin, untuk menghindari salah tafsir dari responden, sehingga mengakibatkan responden salah menjawab.
  2. Membantu ingatan responden. Peneliti harus memastikan pertanyaan memudahkan responden untuk mengingkat kembali hal-hal yang mereka perlukan untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan.
  3. Buat responden bersedia menjawab. Buat pertanyaan yang mudah dimengerti, dan jangan tanyakan hal yang sulit dijawab dan hal pribadi langsung di awal.
  4. Hindari bias. Pertanyaan yang dibuat harus menghindari bias dalam jenis pertanyaan multiple choice. Gunakan rentang untuk menanyakan hal semacam penghasilan.
  5. Mudah mengutarakan. Gunakan alat bantu semacam gambar untuk membantu responden menjawab, hal ini akan membantu responden yang kesulitan mengungkapkan jawabannya walau tau jawabannya.
  6. Saring responden. Tentukan responden yang sesuai dengan topik yang anda teliti, jangan sembarangan dalam mengambil responden. Hal ini untuk mendapatkan data yang lebih berkualitas.

Cara Membuat Angket

Untuk membuat kuesioner, gunakanlah prosedur berikut ini:

Buat Perencanaan

Rencanakan data yang ingin dikumpulkan melalui kuesioner, tujuan penelitian, sehingga kita bisa membuat pertanyaan dan mengembangkan hipotesis terkait hal tersebut.

Susun Pertanyaan

Untuk menyusun pertanyaan, hal pertama lakukan pemilihan tipe pertanyaan, tipe atau jenis pertanyaan yang biasanya digunakan adalah:

Ada beberapa jenis pertanyaan untuk membuat kuesioner, anatara lain:

Macam-Macam Pertanyaan Kuesioner

  1. Free response (Pertanyaan terbuka). Responden bebas menjawab (misalnya opini, atau untuk mengetahui sudut pandang responden)
  2. Direct respon. Responden bebas menjawab namun diarahkan.
  3. Multiple choice. Jawaban sudah disediakan, dan responden memilih jawabannya.
  4. Check list. Jawaban yang sudah disediakan, dan responden boleh menjawab lebih dari satu.
  5. Ranking Question / Skala Ordinal. Responden diminta mengurutkan jawaban.
  6. Dichotomous Question / Pertanyaan dikotomis. Responden diminta memilih satu jawaban dari dua jawaban yang disediakan, misalnya “ya” dan “tidak” atau “setuju” dan “tidak setuju”..
  7. Open End Question. Pertanyaan yang biasanya dimulai dengan satu subjek, dan dilanjutkan dengan pertanyaan selanjutnya dengan berdasarkan pertanyaan sebelumnya.
  8. Skala Ordinal Bertingkat. Pertanyaan yang meminta responden menilai sesuatu dengan skala yang disediakan, misalnya 1-5. Misalnya (1) sangat tidak setuju, (2) tidak setuju, (3) netral, (4) setuju, (5) sangat setuju.

Kembangkan Pertanyaan

Buatlah pertanyaan yang akan diajukan ke responden yang baik, yaitu jelas, lugas, sederhana, dan ringkas, serta dalam satu kalimat tanya. Urutkan pertanyaan dari yang paling penting. Data yang dibuat harus dianonimkan jika memuat pertanyaan yang sensitif.

Batasi Panjang Kuesioner

Buatlah pertanyaan yang lugas dan sesingkat mungkin, namun tetap komprehensif untuk tetap mendapatkan data yang diinginkan.

Identifikasi Demografi Target Responden

Tentukan responden yang sesuai dengan topik yang anda teliti, jangan sembarangan dalam mengambil responden. Hal ini untuk mendapatkan data yang lebih berkualitas. Tentukan target yang spesifik, seperti jenis kelamin, usia, dan kriteria khusus seperti mengendarai mobil, dll.

Lindungi Kerahasiaan Data Responden

Sebagai peneliti, Anda harus memastikan data responden tidak disebar ke pihak lain, dan Anda bisa membuat kuesioner anonim.

Perkenalkan Diri

Perkenalkan diri, nama Anda, latar belakang, institusi, dan tujuan penelitian kepada responden.

Jelaskan Tujuan Pengumpulan Data

Pahamkan dan jelaskan ke responden tujuan Anda mengumpulkan data, misalnya untuk keperluan penelitian skripsi atau tesis.

Periksa Kembali Kuesioner

Sebelum kuesioner disebar, pastikan kuesioner sudah terlihat profesional, tidak ada kesalahan ejaaan dan bahasa.

Nah, gimana sudah siap membuat kuesioner Anda sendiri?. Dengan teknologi saat ini sudah dimudahkan untuk menyebar angket, anda bisa melihat cara membuat angket online di bawah.

Nah cara membuat kuesioner online yang bisa kita terapkan yaitu menggunakan google formulir. Gform ini dipandang sebagai solusi yang sangat baik dihadirkan oleh perusahaan kenamaan dibidang teknologi itu. Pasalnya membuat angket penelitian itu tidaklah murah biayanya, namun dengan teknologi yang dihadirkan oleh Google, semua biaya bisa ditekan.

Seorang peneliti bisa dengan mudah membuat kuesioner dengan cara bikin Google Form. Selain itu, dengan aplikasi berbasis online ini bisa menjangkau responden yang berlokasi jauh dengan mudah. Misalkan penelitian Anda respondennya seluruh Indonesia. Maka dengan mudah Anda mendapatkan data, cukup dengan menentukan responden dan menyebar atau memberikan link Google Form yang dibuat.

Untuk menerapkan cara membuat kuesioner google docs (form) yang akan saya share berikut ini nanti, Anda harus punya akun Google atau email dari gmail.com. Syarat ini harus dipenuhi.

Setelah form selesai dibuat, biasanya untuk lebih memudahkan, link gform tersebut dipendekkan dulu urlnya dengan url shortener. Aplikasi website yang populer untuk memendekkan url adalah bit.ly, sehingga di bawah akan kami share juga cara membuat bit.ly.

Baiklah, berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan google form untuk keperluan membuat angket online.

Baca juga : Contoh Makalah Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Langkah pertama buka tautan ini. Anda akan disuruh login menggunakan email dari layanan Google (gmail), silahkan login menggunakan akun Anda. Jika belum memiliki akun, klik “buat akun”, ikuti langkah-langkahnya.

Login Email Google
Login Email Google

Langkah Kedua : Jika anda sudah login akan diarahkan halaman seperti tampilan berikut.

Cara membuat Google form

Langkah Ketiga : Silahkan klik tombol “+” atau blank / kosong seperti pada gambar di bawah ini.

Cara membuat gform

Langkah Keempat : Isikan judul pada tunjuk panah 1, deskripsi tunjuk panah 2, dan daftar pertanyaan kuesioner Anda yang menjadi bahan penelitian. Masukkan judul pertanyaan pertama di panah 3, misalnya contoh pertanyaan kuesioner pertama adalah Nama Lengkap.

Cara membuat Google form 2

Langkah Kelima : Masukkan pilihan jawaban di panah nomor 4. Anda harus menentukan dari awal jawaban yang diinginkan dari responden, supaya tidak kesulitan dalam mengisi bagian ini.

Tambahkan pilihan jawaban di Add option dibawah pilihan pertama. Jika ada jawaban other atau lainnya, maka klik Add “Other”. Nah karena judul pertanyaan kita adalah nama lengkap, gak mungkin dong kita kasih pilihan, harusnya responden menulis sendiri namanya. Maka, kita ubah tipe jawabannya.

Langkah Keenam : Ubah tipe jawabannya, yang semua “multiple choice” menjadi “short answer” atau “jawaban singkat” jika Anda menggunakan bahasa Indonesia. Klik pada pilihan di tanda panah merah seperti di bawah ini.

Cara membuat Google form 4

Akan muncul pilihan yang harus kita pilih. Pilih “short answer”.

Cara membuat Google form 5

Langkah Ketujuh : Karena mengisi nama adalah wajib, maka Klik “Required” pada bagian bawah sebelah kanan. Ini berlaku juga untuk pertanyaan selanjutnya, jika jawaban itu wajib dijawab, jika tidak biarkan saja.

Cara membuat form google docs

Langkah Kedelapan : Tambahkan Pertanyaan Selanjutnya, Klik tanda “+” pada pilihan di samping kanan.

Cara membuat Google form 8

Langkah Kesembilan : Masukkan judul penelitian, dan pilih jenis jawaban seperti pada langkah ke enam tadi. Misalnya Jenis Kelamin. Maka pilih jenis jawaban “Checkboxes”, artinya responden boleh memilih lebih dari satu dari pilihan. Untuk membuat responden hanya boleh memilih satu piliha, maka ubah ke “multiple choice”.

Cara membuat Google form 9

Langkah Kesepuluh : Menambahkan Judul dan Deskripsi untuk panduan mengisi angket, misalnya pilihan (1) sangat setuju, (2) setuju, (3) netral, (4) tidak setuju, dan (5) sangat tidak setuju

Cara membuat Google form 10

Langkah Kesebelas : Masukkan judul keterangan, dan deskripsi, contohnya bisa dilihat dibawah ini:

contoh angket penelitian

Langkah Keduabelas : Menambahkan Pertanyan Skala, Klik tanda ‘+” lagi seperti langkah ke enam, pilih jenis jawaban “liner scale”. Ini maksudnya membuat pertanyaan yang membuat responden bisa memilih skala 1 sampai 5, misalnya setuju, tidak setuju, sampai sangat tidak setuju. Contohnya dibawah ini hasil dari pertanyaan ini.

contoh kuesioner skripsi

Langkah Ketigabelas : Customize Theme, kita bisa mengatur tema kuesioner kita, mengatur warna, mengatur gambar header. Untuk melakukannya, silahkan klik icon theme di bagian kanan atas.

Cara membuat Google form 11

Langkah Ketigabelas : Atur warna, klik salah satu warna di theme color, sedangkan untuk atur gambar header kuesioner, klik choose header.

Cara membuat Google form 12

Langkah Keempatbelas : Setelah diklik choose image, makan kamu bisa memilih gambar yang diinginkan yang sudah di disediakan Google, kamu juga bisa memih gambar sesuai kategori. Untuk menggunakan gambar sendiri, pilih “Upload photos”

Cara membuat Google form 13

Kemudian pilih “select a photo from your computer” pilih gambar yang ingin digunakan dari penyimpanan komputer, kemudian jika sudah, klik “Select” dibagian bawah sebelah kiri.

Cara membuat Google form 14

Setelah selesai mengatur semua kuesioner dan mengisi semua daftar pertanyaan yang diperlukan. Selanjutnya kita melihat hasil kuesioner kita dan mengirimkannya ke responden. Sebelumnya, kita akan mengganti nama file kuesioner di bagian atas sebelah kiri.

Cara membuat Google form 15

Langkah Kelimabelas : Membatasi responden untuk hanya bisa mengisi satu kali. Klik “Setting” atau tombol gerigi di sebelah kanan atas. Akan muncul popup, dan centang pada pilihan “Limit to 1 response”.

Cara membuat Google form 16

Fitur-fitur Google Form

Fitur-fitur google form

Fungsi dari fitur di atas adalah sebagai berikut:

  1. Palet : Untuk mengatur theme.
  2. Mata : tombol ini digunakan untuk melakukan pratinjau formulir. Kita akan melihat formulir sebagaimana yang dilihat responden.
  3. Gerigi : tombol pengaturan formulir.
  4. Tombol kirim : Dengan tombol ini kita bisa mengirim langsung kuesioner kita ke email responden, atau mengambil link untuk disebar ke responden.
  5. Tiga titik : pengaturan lebih lanjut.

Mengambil Link Kuesioner Google Form

Untuk menyebar kuesioner kita kepada responden, klik “Send” di atas sebalah kanan.

Cara Mengambil Link Google Form

Kita bisa mengambil linknya, kemudian sebelumnya kita bisa menyingkat urlnya, silahkan klik “Shorten URL” atau “Perpendek URL”, kemudian klik “COPY”.

Cara Mengambil Link Google Form 1

Baik, kita sudah dapat menyebar kuesioner kita ke responden. Jika Anda ingin lebih singkat lagi urlnya, seperti yang saya singgung diawal. Kita bisa menggunakan bit.ly, maka kita akan dapat url seperti https://bit.ly/2PsbNbL atau jika Anda signup disana, Anda bisa atur urlnya sendiri, misalnya https://bit.ly/AngketSMK.

Setelah mengetahui cara membuat kuesioner skripsi, tesis, atau keperluan penelitian lainnya di atas, saatnya kita menyebar angketnya.

Menyebar Kuesioner

Ini adalah langkah terakhir cara membuat kuesioner, berikut langkah menyebarkannya.

Uji Kuesioner

Sebelum menyebarkan secara luas, uji terlebih dahulu kuesioner Anda, pengujian ini akan melihat apakah kuesioner yang dibuat mudah dipahami atau tidak, mudah diakses atau tidak, layak diisi atau tidak, serta nyaman saat mengisi atau tidak.

Sebarkan Kuesioner.

Jika Anda menggunakan kuesioner yang dicetak, Anda bisa menggunakan cara yang paling efektif, seperti mengirim angket melalui ekspedisi, melalui telepon, atau mengantar langsung. Jika menggunakan Google Forms, tinggal ambil link google form tersebut, diatas sudah disebutkan cara melihat hasil google form yang dibuat, dan sebarkan link tersebut.

Tentukan Tenggat Waktu Pengisian

Tentukanlah tenggat pengisian kuesioner Anda, tentukan waktu yang masuk akan, misalnya 2 minggu. Kemudian ingatkan responden Anda dengan cara menanyakannya.

Video Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Contoh Kuesioner Penelitian

Contoh Kuesioner kuesioner kepuasan pelanggan

Berikut contoh kuesioner kepuasan pelanggan, silahkan lihat di sini.

Contoh Kuesioner Skripsi

Berikut contoh kuesioner penelitian skripsi, silahkan lihat di sini.

Contoh Kuesioner Tesis Manajemen Pemasaran

Berikut contoh kuesioner tesis untuk manajemen pemasaran, silahkan lihat di sini.

Laporkan di komentar jika ada link di atas yang corrupt atau tidak berfungsi.

Penutup

Gimana cara membuat kuesioner penelitian yang baik tidak susah kan, hanya butuh sedikit kesabaran untuk menginput semua pertanyaan yang telah kita buat diawal. Semoga google form tutorial ini bermanfaat.

Leave a Reply