cara membuat essay

5 Cara Membuat Essay Yang Baik dan Benar (Dilengkapi Contoh)

Pembaca blog smkn2bs, sudah tau cara membuat essay yang baik dan benar?. Kali ini saya akan coba share lagi cara membuat karya tulis yaitu essay. Sudah sering mendengar essay kan.

Atau teman-teman sudah pernah menulis essay?. Pastikan essay teman-teman sudah benar ya penulisannya, formatnya juga sudah terstruktur.

Dalam membuat essay, kita harus benar-benar maksimal, tuliskan ide-ide yang kamu miliki, jangan lupa lakukan riset yang cukup mendalam, agar hasil tulisan kamu berbobot ya.

Selain itu, pengolahan kata sedemikian rupa juga diperlukan, agar essay yang kamu hasilkan semakin menarik untuk dibaca.

Pengertian Essay

Sebelum share cara membuat essay, sebaiknya kita tau dulu apa itu essay? pengertian essay adalah sebuah tulisan yang mengandung opini yang subjektif dan argumentatif dari penulis.

Dengan kata lain, essay atau esai atau “Esei” ini merupakan karangan bebas yang dibuat seseorang yang bersifat subjektif, argumentatif, logis, dan didukung oleh fakta-fakta yang ada.

Karena itu, dengan tema yang sama, sudut panda antara essay yang dibuat seorang penulis dengan penulisa lain bisa saja berbeda. Kamu bisa menulis essay sekreatif mungkin ya.

Struktur Essay

Setelah mengetahui pengertian essay di atas, untuk membuat essay yang baik dan benar, kamu harus mengetahui struktur essay terlebih dahulu, sehingga gampang dalam membuat essay pada tahap berikut.

Struktur essay dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Introduction

Yang pertama adalah introduction atau pendahuluan. Bagian ini berisi penjelasan apa yang akan kita tuturkan dalam essay tersebut. Bagian ini akan memuat poin-poin yang akan kita tuliskan di dalam essay. Panjang tidak boleh lebih 10% dari keseluruhan esai.

2. Body

Bagian ini berisi poin-poin substantif yang mendukung argumen kita, yang dilengkapi dengan beberapa bukti secara ringkas. Namun bedanya dengan karya tulis ilmiah penelitian, kamu tidak perlu melampirkan data seperti hasil wawancara atau kuesioner.

3. Conclusion

Conclusion atau kesimpulan, adalah bagian terakhir dari sebuah essay. Bagian ini berisi ringkasan dari semua argumen yang kita tuliskan sebelumnya.

cara membuat essay

Cara Membuat Essay Yang Baik

Cara menulis esai ini cukup mudah bagi yang terbiasa. Untuk yang belum pernah sama sekali, maka kita semua perlu latihan dan membiasakan diri, sehingga kita dapat membuat esai yang bagus.

Menulis adalah kegiatan aplikatif yang harus kita asah kemampuannya, kemampuan menulis juga sebanding dengan seringnya membaca. Dengan rajin membaca, kosa kata kita juga akan nambah.

Sama dengan karya ilmiah lainnya seperti makalah, skripsi, tesis, dll. Esai juga harus terstruktur, kamu harus memahami strukturnya yang sudah saya sebutkan tadi.

Langkah-Langkah Cara Menulis Essay

Langkah-langlah cara menulis esai bisa anda ikuti seperti dibawah ini:

Pilih topik

Pilihlah topik atau tema khusus apa yang ingin kamu bahas, sebaiknya pilihlah tema yang memang benar-benar anda kuasai, sehingga tidak akan kesulitan dalam penulisan.

Buat kerangka tulisan

Untuk mempermudah kita dalam penulisan, sebelum memulai menulis, buatlah terlebih dahulu kerangkanya. Hal ini akan membantu kita dalam mengembangkan tulisan.

Kembangkan Tulisan

Setelah membuat kerangkan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan essai kamu.

Buatlah tesis dibagian pendahuluan esai kamu, tuliskan gagasan yang kamu usulkan. Setelah itu, pada bagian body, tuliskanlah argumentasi yang mendukung tesis kamu.

Setelah kamu membuat bagian body, saatnya membuat bagian terakhir, yaitu conclusion atau kesimpulan.

Evaluasi

Tahap selanjutnya cara membuat essay adalah evaluasi, ada beberapa hal yang harus kamu evalusi, antara lain:

  • Pastikan setiap paragraf esai kamu memiliki kalimat topik yang diikuti denga kami pendukung argumentasi.
  • Pastikan esai kamu menggunakan kosakata yang formal dan objektif, hindari penggunaan bahasa sehari-hari, selain untuk penggunaan istilah atau contoh.
  • Pastikan terdapat bukti yang mendukung argumentasi yang dimuat di esai kamu.
  • Teliti lagi tulisan kamu, apakah tidak ada yang typo, format sudah benar atau belum, apakah tulisan masuk akan, dan sebagainya.

Minta Teman Mengkoreksi

Jika memungkinkan, mintalah temanmun untuk membaca dan mengoreknya.

Pentingnya PUEBI yang Tepat

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sangat penting dalam menulis esai ya sobat. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan persepsi dari pembaca. Tau kan kalo esai yang baik adalah esai yang mudah dipahami oleh pembacanya.

Ada beberapa hal yang harus kita hindari dan menjadi kesalahan umum para penulis esai pemula, antara lain:

  • Salah ketik
  • Salah tempat menulis huruf kapital
  • Salah cetak miring penulisan bahasa asing
  • Salah tanda baca
  • Salah tempat penyingkatan, kata lainnya penyingkatan kata bukan pada tempatnya
  • Tidak menggunakan kalimat efektif.

Nah, gimana cara membuat essay di atas? cukup mudah bukan?

Contoh Essay Yang Baik

Berikut saya cantumkan beberapa contoh karya tulis atau contoh essay dari berbagai sumber. Semoga bisa memandu anda dalam menerapkan cara membuat essay ini, dan dapat melengkapi tips di atas..

Contoh Essay Pendidikan

Contoh Essay Pendidikan

Pendidikan Modal Utama Kemajuan Indonesia

Indonesia pada tahun 2020 akan mengalami bonus demografi, yaitu besar jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan dengan usia tidak produktif. Jika Indonesia bisa memanfaatkan bonus demografi ini dengan baik, maka Indonesia akan diuntungkan, Indonesia mempunyai kesempatan besar untuk menjadi negara maju. Sedangkan jika Indonesia tidak bisa memanfaatkan, karena SDM usia produktif tidak berkualitas. Masalah yang akan terjadi antara lain pengangguran meningkat, kriminalitas meningkat, dan akan membebani negara.

Untuk menghindari bencana tersebut, Indonesia harus memperbaiki pendidikan. Opini saya, pendidikan adalah aspek terpenting untuk kemajuan Indonesa. Pendidikan yang baik akan membuat orang berpola fikir maju, sehingga akan meningkatkan daya saingnya dengan negara lain. Pendidikan adalah kunci utama untuk membuat Indonesia maju.

Menteri pendidikan adalah jabatan seseorang yang ditunjuk langsung oleh presiden untuk mengurusi bidang pendidikan. Menteri pendidikan harus memperbaiki kualitas pendidikan anak-anak Indonesia

Jika saya menjadi Menteri Pendidikan, saya akan meratakan pendidikan Indonesia hingga ke daerah terluar Indonesia. Semua fasilita sekolah harus baik dan lengkap. Mulai dari bangunan sekolah, perpustakaan, lab, UKS, dan kantin sekolah. Buku cetak harus lengkap dan menyediakan beasiswa untuk siswa berprestasi dan kurang mampu.

Jika saya adalah Menteri Pendidikan, saya tidak akan memaksa siswa untuk menguasai seluruh mata pelajaran. Saya akan membuat kurikulum pendidikan sesuai peminatan, sehingga siswa akan terarah sesuai kelebihan dibidangnya masing-masing. Kurikulum seperti ini akan membuat para siswa dapat mengeluarkan semua potensi tertinggi dalam dirinya, dan memberikan kesempatan untuk mereka lebih menyenangkan dalam belajar.

Jika saya seorang Menteri Pendidikan, saya akan memberlakukan fullday school, dan memasukkan pendidikan agama yang lebih lengkap untuk siswa, sehingga selain pintar, siswa akan lebih dibekali dengan akhlak dan kejujuran yang baik.

Menteri Pendidikan sebaiknya juga mendengar saran dan kritik dari orang tua dan siswa/i.

Besar harapan kita semua untuk kemajuan Indonesia melalui pendidikan, dan bonus demografi bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Indonesia.

Contoh Essay Ilmiah

Contoh Essay Ilmiah

Etika sangat erat kaitannya dengan moral (Bahasa Latin Moralitas). Moral pemimpin, karyawan dan semua orang yang terlibat dalam proses bisnis, akan sangat menentukan penerapan etika bisnis dalam proses bisnis yang ada di perusahaan tersebut.

Penerapan etika bisnis pada sebuah perusahaan atau organisasi tertentu sangat bergantung pada moralitas seprang pemimpinnya. Jika didalam sebuah perusahaan, pemimpin tersebut adalah pengusaha atau manajernya. Pemimpin bertugas untuk memutuskan arah laju perusahaannya yang dipimpinnya. Semua keputusan seorang manajer akan menjadi acuan bagi karyawan untuk menjalankan semua proses bisnis.

Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan adalah deskriptif analisis, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi literatur dari beberapa jurnal dan buku.

Contoh Essay Beasiswa LPDP

Essay atau motivation letter menjadi salah satu syarat yang cukup besar dipertimbangkan untuk diterima di beasiswa LPDP. Siapa yang tidak mau mendapat beasiswa dari pemerintah yang satu ini. Kita akan mendapatkan beasiswa full, hingga uang jajanpun kita akan dikasih. Nah contoh essay LPDP ini akan memberikan kamu gambaran bagaimana menulis esai LPDP dan menerapkan cara membuat essay di atas, berikut contohnya:

Ukuran kesuksesan bagi setiap orang-orang tentunya berbeda-beda. Bagi saya, kesuksesan tidak bisa diukur dengan satu ukuran yang sama untuk setiap orang, keadaan, dan posisi seseorang.

Kesuksesan saya saat sekolah adalah ketika bisa enjoy dalam belajar, dan mendapatkan nilai tertinggi di kelas. Namun, ada beberapa teman yang merasa sukses ketika ia menjuarai lomba tingkat provinsi. Maka, saya tidak boleh meletakkan ukuran saya untuk menilai kesuksesan orang lain.

Kesuksesan saat kuliah adalah ketika melihat orang tua saya berbinar matanya karena bangga saya mendapatkan IPK 3,9 dan mendapat predikat cumlaude.

Semakin hari saya merasa bahwa kesuksesan adalah ketika saya bahagia dengan keadaan saya dan membuat orang disekeliling saya merasa bahagia dan merasakan manfaat dari kehadiran saya.

Keadaan tersebut mendorong saya untuk melanjutkan pendidikan S2 ke Universitas Kebangsaan Malaysia. Dengan menempuh pendidikan di sana, saya berharap ilmu yang saya dapat saya pergunakan untuk lebih bermanfaat untuk orang yang lebih banyak ketika pulang ke Indonesia.

Contoh Essay Bahasa Inggris

Berikut contoh essay bahasa Inggris tentang diri sendiri untuk melengkapi cara membuat essay yang saya share.

Contoh Essay Bahasa Inggri Tentang Diri Sendiri
Source: sites.google.com/site/avedoere2011

Demikian cara membuat essay atau cara menulis esai dan contoh esai yang bisa saya bagikan untuk kamu. Selamat menulis teman-teman.

Leave a Reply