Alat Musik Tradisional Beserta Daerahnya

Posted on

Sudah semestinya kita merasa bangga menjadi warga negara Indonesia. Bangsa yang kaya akan budaya yang beraneka macam tetapi tetap terbangun dengan semangat kesatuan bangsa. Di antara kekayaan bangsa Indonesia adalah dengan dimilikinya berbagai macam alat musik daerah di Indonesia yang wajib untuk dijaga dan dilestarikan oleh segenap generasi penerus bangsa.

Alat Musik Tradisional Beserta Daerahnya

jangan mengaku anak Indonesia sejati kalau belum mengetahui dengan baik tentang aneka ragam alat musik tradisional dan penjelasannya. Sehingga dalam artikel ini akan disajikan secara jelas dan terperinci tentang berbagai macam alat musik tradisional Negara Indonesia beserta asal dan penjalasannya.

Menjadi pecinta budaya bangsa, wajib menyimak baik-baik ulasan artikel di bawah ini.

Alat Musik Tradisional Negara Indonesia

1. Serune Kalee
Ketika untuk mencoba memahami alat musik tradisional 34 provinsi beserta gambarnya dan penjelasannya yang ada di Indonesia, nama Serune Kalee menjadi salah satu nama alat musik daerah yang tidak terlewatkan. Serune Kalee merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Aceh.

Cara memainkan alat musik ini mirip seperti ketika memainkan sebuah seruling yaitu dengan cara meniupnya. Dengan meniup alat musik dari Aceh ini akan terdengar suara jenis aerofon yang indah dan nyaman diperdengarkan di telinga.

Sama halnya dengan memainkan sebuah seruling, memainkan irama nada pada Serunee juga dengan cara membuka tutup lubang-lubang yang ada pada Serunee.

2. Angklung
Di antara macam-macam alat musik daerah di Indonesia, Angklung merupakan salah satu alat musik daerah yang cukup terkenal hingga ke seluruh penjuru Nusantara. Alat musik yang satu ini bukan hanya dimainkan dalam acara tradisional dalam suatu daerah, tetapi sering kali digunakan sebagai musik pengiring dalam pertunjukan memperagakan kesenian tertentu di acara panggung yang besar.

Angklung sendiri adalah alat musik yang terbuat dari susunan bambu-bambu dengan berbagai ukuran tertentu dan cara membunyikannya dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang berasal dari benturan bambu-bambu tersebut.

Berbicara tentang alat musik daerah beserta asalnya, Angklung ini berasal dari Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan bahasa khas yang sangat lembut dan menarik.

3. Gambus
Di antara contoh alat musik tradisional nusantara yang paling dikenal oleh masyarakat luas, selain alat musik angklung juga masih ada alat musik gambus yang merupakan alat musik khas daerah Riau.

Gambus dimainkan dengan cara memetik pada bagian senar-senarnya menggunakan jari. Akibat petikan-petikan pada senar-senar ini, akan menghasilkan bunyi yang indah dengan jenis bunyi kordofun.

Mendengar nama alat musik ini serasa erat sekali dengan kebudayaan Agama Islam. Ada yang menyebutkan, gambus bukan hanya merupakan alat musik tradisional daerah saja namun dahulunya digunakan sebagai media dalam berdakwah.

Gambus banyak dijumpai pada daerah Pulau Sumatera. Bagi Anda yang ingin mengetahui secara langsung contoh alat musik tradisional nusantara yang satu ini dengan lebih jelas agar lebih istimewa, bisa datang ke daerah asalnya yaitu Pulau Sumatera.

4. Kolintang
Mengenal nama-nama alat musik beserta daerahnya merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan ketika Anda membicarakan tentang kekayaaan budaya bangsa. Sebab, alat musik merupakan salah satu kebuayaan bangsa yang selalu menjadi kebanggaan terutama daerah asalnya.

Alasan mengapa anak bangsa harus bisa menjawab ketika mendapat pertanyaan tentang sebutkan alat musik tradisional, adalah agar generasi penerus bangsa ini tidak hanya mengenal alat-alat musik modern saja dan melupakan alat musik daerah yang lebih memiliki nilai keunggulan.

Selain nama-nama alat musik yang telah disebutkan sebelumnya, Kolintang juga merupakan salah satu alat musik daerah yang cukup dikenal oleh banyak masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

Pasalnya, alat musik ini memiliki tampilan yang unik dan indah, serta seni musik yang dihasilkan tidak kalah menariknya dari banyaknya alat musik daerah lainnya.

Kolintang memiliki bentuk yang mirip dengan Belira, dimana alat ini terdiri dari sebuah bilah-bilah dengan panjang yang bervariasi dan disanggah dengan sebuah bambu sehingga menghasilkan bunyi yang merdu dan enak didengar telinga.

Sudah jelas kan sekarang, menjadi generasi penerus bangsa bukan hanya dituntut untuk dapat menjelaskan pengertian alat musik tradisional saja, tetapi akan lebih membanggakan lagi jika bisa mengenal semua alat-alat musik tradisional daerah tersebut.

Dengan mengerti beberapa contoh alat musik daerah di atas, tentulah Anda semakin memahami di antara keunikan alat-alat musik daerah yang memiliki ciri-ciri kekhasan yang berbeda dan wajib untuk selalu dijaga dan dilestarikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *